Cara Beli Tiket KAI untuk Natal dan Tahun Baru Melalui Aplikasi

ERA.id - Merayakan Natal dan Tahun Baru dengan bepergian menggunakan kereta api adalah pilihan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Lantaran ketersediaan langka, lantas bagaimana cara beli tiket KAI untuk natal dan tahun baru?

Bagi banyak orang, perjalanan dengan kereta api memberikan kenyamanan dan pengalaman yang berbeda. Namun, saat musim liburan tiba, mendapatkan tiket KAI bisa menjadi tugas yang menantang.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara-cara terbaik untuk membeli tiket KAI untuk merayakan Natal dan Tahun Baru agar Anda dapat merencanakan perjalanan liburan baik sendiri atau dengan keluarga dengan lancar.

Cara Beli Tiket KAI untuk Natal dan Tahun Baru

PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket untuk perjalanan Natal dan Tahun Baru 2023 sejak tanggal 6 November 2023, yang berarti H-45 sebelum tanggal keberangkatan.

Periode Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang ditentukan oleh KAI berlangsung dari 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Anda dapat membeli tiket melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, dan berbagai saluran resmi lainnya untuk pemesanan tiket kereta api.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membeli tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access:

  • Unduh aplikasi KAI Access dari Google Play Store atau App Store.
  • Login ke aplikasi menggunakan nomor ponsel atau akun Google Anda.
  • Pilih jenis kereta yang ingin Anda beli tiketnya, baik antar kota maupun lokal.
  • Tentukan stasiun keberangkatan dan stasiun kedatangan.
  • Pilih tanggal keberangkatan. Jika Anda ingin membeli tiket pulang-pergi, aktifkan opsi tersebut dan masukkan tanggal pulang di bagian bawah.
  • Tentukan jumlah penumpang yang akan ikut dalam perjalanan.
  • Tekan tombol "Cari Tiket Antarkota."
  • Pilih kereta yang sesuai dengan preferensi Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih tanggal lain dengan mengetuk baris tanggal di bagian atas layar.
  • Isi data pribadi penumpang dan lanjutkan proses pemesanan.
  • Jika tersedia, Anda dapat memilih kursi yang diinginkan dalam aplikasi.
  • Lanjutkan untuk melakukan pembayaran dan dapatkan e-boarding pass. E-boarding pass dapat dicetak di loket check-in di stasiun.

Kesiapan KAI dalam Menghadapi Libur Natal dan Tahun Baru

Selama masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT KAI telah menyiapkan 3.888 perjalanan kereta api jarak jauh reguler dengan total kapasitas sebanyak 2,2 juta tempat duduk.

KAI juga telah menyiapkan 1.296 perjalanan kereta api lokal reguler untuk masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, yang dapat menampung sekitar 521 ribu penumpang.

Lebih lanjut, KAI akan memberikan informasi terkait pengoperasian kereta api tambahan selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

KAI juga menjelaskan bahwa tarif tiket kereta api komersial selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan tetap mengacu pada ketentuan tarif batas bawah (TBB) hingga tarif batas atas (TBA).

Tiket untuk kereta api layanan publik (Public Service Obligation - PSO) akan tetap sesuai dengan penetapan tarif yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Selain itu, KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru 2024, dengan menyediakan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan selamat.

Selain cara beli tiket KAI untuk natal dan tahun baru, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…