Prosedur Ganti Katup Jantung Tanpa Operasi

ERA.id - Penggantian katup jantung bisa dilakukan dengan operasi jantung terbuka. Namun, ada pula cara ganti katup jantung tanpa oepasi alias dengan prosedur yang tidak terlalu invasif—tanpa pembukaan dada.

Prosedur ini dikenal sebagai penggantian katup trans-kateter. Risiko dari prosedur ini lebih kecil dan memungkinkan pemulihan dalam waktu yang lebih cepat.

Operasi katup jantung

Jantung punya empat katup yang bertugas membuka dan menutup secara terkendali untuk memastikan darah mengalir ke tujuan yang benar melalui ruang jantung. Namun, suatu kondisi bisa membuat katup tidak terbuka secara penuh atau tertutup rapat. Pada kasus yang lebih parah, hal ini memicu risiko komplikasi penyakit jantung.

Jika katup “rusak” itu tidak bisa “diperbaiki”, mungkin perlu diganti. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengganti katup jantung, yaitu operasi jantung terbuka dan prosedur tidak terlalu invasif yang tidak perlu pembukaan dada.

Prosedur yang paling tidak invasif adalah prosedur kateter. Dikutip dari healthline, prosedur ini dilakukan dengan cara memasukkan tabung atau selang tipis yang fleksibel (kateter) ke dalam arteri di selangkangan, yang selanjutnya disambungkan ke katup jantung yang dituju. Kateter dilengkapi alat khusus untuk membantu dokter bedah mengganti katup jantung yang rusak.

Tidak semua orang cocok dengan prosedur ini. Seperti halnya prosedur medis lain, cara ini juga punya risiko. Akan tetapi, bagi pasien yang tepat, ini mungkin adalah prosedur penggantian katup jantung terbaik untuk kondisi yang berisiko mengancam nyawa.

Ilustrasi jantung (pixabay)

Katup yang bisa diganti tanpa operasi terbuka

Empat katup pada jantung bisa diganti tanpa operasi jantung terbuka. Namun, menurut American Heart Association, katup yang paling sering diganti adalah katup aorta dan mitral.

  • Katup aorta

Katup aorta adalah katup yang memungkinkan darah dipompa dari ventrikel kiri naik ke aorta dan keluar ke seluruh bagian tubuh. Prosedur penggantian katup aorta trans-kateter atau transcatheter aortic valve replacement (TAVR) kerap dilakukan dalam kasus stenosis katup aorta, yaitu pengerasan katup yang mencegahnya membuka dengan benar untuk memungkinkan aliran darah yang cukup.

  • Katup mitral

Katup mitral adalah katup yang memungkinkan darah mengalir dari atrium kiri jantung (ruang atas) ke ventrikel kiri (ruang bawah), yaitu ruang pemompaan utama jantung.

Regurgitasi katup mitral jadi gangguan katup yang paling umum. Kondisi ini ditandai dengan katup yang tidak terlalu rapat sehingga darah bisa bocor dan kembali ke atrium kiri. Gangguan ini kerap diatasi dengan perbaikan katup, bukan penggantian.

Penggantian katup mitral trans-kateter atau transcatheter mitral valve replacement (TMVR) merupakan prosedur berbasis kateter yang sangat menantang sebab ukuran, lokasi, dan konfigurasi katup.

  • Katup paru-paru

Katup paru-paru adalah katup yang memungkinkan ventrikel kanan memompa darah ke arteri paru-paru yang membawa darah ke paru-paru untuk mendapatkan oksigen sebelum kembali ke jantung.

Mayoritas penggantian katup ini masih dilakukan dengan cara operasi terbuka. Namun kemajuan telah menghadirkan penggantian katup paru trans-kateter atau transcatheter pulmonary valve replacement (TPVR) sehingga jadi pilihan lain bagi dokter.

  • Katup trikuspid

Katup trikuspid adalah katup yang memungkinkan darah mengalir dari atrium kanan ke ventrikel kanan. Berdasarkan penelitian pada 2022, penggantian katup trikuspid melalui pembedahan jarang terjadi. Penggantian katup trikuspid trans-kateter menjadi harapan bagi orang-orang yang tidak bisa menjalani operasi jantung terbuka.

Itulah penjelasan dari ganti katup jantung tanpa operasi. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.