Alasan Anies Tunjuk Syaugi Jadi Kapten Tim Pemenangan: Dia Top Gun-nya Indonesia, Mudah-mudahan Bisa Membawa Kita Terbang

ERA.id - Calon Presiden (Capres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menunjuk mantan Kepala Badan SAR Nasional (Kabasarnas) Marsekal Madya (purn) Muhammad Syaugi Alaydrus sebagai kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhamin (AMIN).

Menurutnya, Syaugi adalah sosok dengan paket lengkap untuk memimpin tim suksesnya. Selain terbukti bisa memimpin, Syaugi juga dianggap memiliki kemampuan menajerial.

"Bapak Syaugi kita pilih karena beliau memiliki kemampuan kepemimpinan yang amat baik, memiliki kemampuan manajerial yang baik," kata Anies dalam konferensi pers di Markas Timnas AMIN, Jalan Diponegero, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

Dengan kombinasi kepemimpinan dan manajerial, Syaugi diyakini mampu mengelola sumber daya pemenangan bagi pasangan capres Anies dan calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskadar.

Apalagi, mantan prajurit TNI Angkatan Udara itu memiliki rekam jejak kepemimpinan yang cukup baik.

"Oleh sebab itu, pilihannya jatuh kepada Pak Syaugi. Dan kita berharap dengan pengalaman yang beliau miliki, dengan jaringan yang beliau miliki, akan punya kontribusi yang sangat besar di dalam tim pemenangan ini," ucap Anies.

Lebih lanjut, mantan gubernur DKI Jakarta itu berkelakar bahwa Syaugi seperti bintang film "Top Gun" yaitu Tom Cruise karena pernah tercatat sebagai pilot jet temput F-16.

"Jadi ini Top Gun-nya Indonesia. Mudah-mudahan membawa kita terbang makin tinggi dan dengan pengalaman, beliau sebagai Kepala Badan pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Insya Allah beliau akan bekerja bersama untuk sama-sama menyelamatkan bangsa Indonesia," ucap Anies.

Selain Syaugi, Anies juga menggandeng sejumlah tokoh lain di dalam Timnas Pemenangan AMIN, diantaranya yaitu mantan Menteri ESDM Sudirman Said, pendiri Tokopedia Leontinus Alpha Edison, mantan Menteri Perdagangan Thomas Lembong, hingga budayawan yang juga dalang kondang Ki Anom Suroto.