Bolehkah Mengoleskan Lidah Buaya Langsung ke Wajah? Simak Ulasan dan Manfaatnya

ERA.id - Pemanfaatan lidah buaya untuk kesehatan ternyata tidaklah hanya sekadar tren. Bahan alami yang satu ini sudah digunakan sejak lama untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Mengutip data yang pernah diterbitkan oleh Baylor College of Medicine, kandungan enzim, antioksidan, anti-inflamasi, vitamin A, dan vitamin C yang terkandung dalam lidah buaya sangat efektif mengurangi bekas jerawat dan membuat kulit kering ternutrisi. Namun, sebenarnya bolehkah mengoleskan lidah buaya langsung ke wajah?

Masih dikutip dari penelitian yang sama, enzim yang terkandung di lidah buaya efektif mempercepat pengelupasan kulit, sehingga kulit akan terlihat halus. Lantas apa saja manfaat lidah buaya bagi kesehatan kulit dan bolehkah mengoleskan lidah buaya langsung ke wajah untuk mendapatkan manfaatnya? Simak informasi selengkapnya terkait manfaat lidah buaya untuk wajah di bawah ini.

Apa Saja Manfaat Mengoleskan Lidah Buaya Langsung ke Wajah?

Bolehkah mengoleskan lidah buaya langsung ke wajah? Secara alami, penggunaan lidah buaya lebih direkomendasikan untuk meraih manfaat yang optimal daripada dalam bentuk produk kemasan. Oleh sebab itu, Anda direkomendasikan untuk mengoleskan lidah buaya secara langsung ke wajah. Langkah ini dapat dilakukan dengan cara mengupas kulit lidah buaya dan menggunakan dagingnya untuk dioleskan ke wajah.

Ilustrasi (Pixabay by Ingoldfranziska)

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar rumah, penggunaan lidah buaya tentunya penting untuk mencegah kulit terbakar dan melembapkan kulit akibat paparan sinar matahari. Selain itu, di bawah ini adalah beragam manfaat lidah buaya untuk wajah yang harus Anda pahami:

Melembapkan wajah

Kulit juga bisa mengalami permasalahan, antara lain kulit bersisik, jerawat, dan kulit terkelupas. Dengan penggunaan lidah buaya secara rutin, maka Anda dapat melembapkan kulit wajah. Selain itu, mengoleskan lidah buaya pada wajah sangat efektif meningkatkan elastisitas kulit.

Mencerahkan wajah

Enzim pada lidah buaya efektif berfungsi untuk mencegah kulit kusam, mencerahkan kulit, serta menghaluskan kulit. Anda dapat menggunakan masker lidah buaya untuk menerima manfaatnya.

Menghilangkan bintik hitam pada wajah

Jika Anda memiliki masalah dengan bintik hitam dan flek di wajah, maka pengolesan lidah buaya langsung ke wajah dapat menjadi solusinya. Untuk menerima manfaatnya, Anda dianjurkan untuk mengoleskan gel lidah buaya secara rutin setidaknya dua kali per hari.

Mencegah munculnya jerawat

Lidah buaya bersifat antibakteri dan antimikroba yang sangat efektif mencegah jerawat. Penelitian juga menyimpulkan bahwa mengaplikasikan gel lidah buaya secara rutin, bersamaan dengan obat antijerawat lainnya, sangat efektif mengurangi jerawat sekitar 35%.

Memperlambat tanda-tanda penuaan

Memperlambat tanda-tanda penuaan, contohnya kerutan dan garis-garis halus, juga menjadi manfaat yang diberikan lidah buaya. Untuk menerima manfaatnya, gunakan masker lidah buaya secara rutin.

Agar kulit wajah Anda glowing, sehat, dan awet muda, tentunya tidak cukup hanya dengan menggunakan lidah buaya. Anda juga harus mengimbanginya dengan pola hidup sehat, contohnya mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, rutin berolahraga, tidak merokok, minum air putih, tidur yang cukup dan berkualitas, mengurangi minum alkohol, dan mengelola stres dengan tepat, contohnya melakukan aktivitas yang menyenangkan, aromaterapi, atau teknik relaksasi, seperti yoga, meditasi, dan latihan pernapasan.

Jika Anda sudah memanfaatkan lidah buaya, tetapi masalah kulit tidak teratasi atau timbul efek samping, contohnya reaksi alergi dan kulit kemerahan, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter kulit agar diperiksa penyebabnya dan diberikan pengobatan yang tepat dengan kondisi Anda.

Demikianlah penjelasan tentang bolehkah mengoleskan lidah buaya langsung ke wajah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…