Manfaat Daging Lidah Buaya untuk Kesehatan

Tim Editor

Lidah Buaya (shutterstock)

ERA.id - Lidah buaya sudah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Sejumlah penelitian juga telah mengaitkannya dengan berbagai manfaat kesehatan. 

Misalnya, tanaman ini digunakan untuk mengobati sengatan matahari, melawan plak gigi, dan menurunkan kadar gula darah. 

Selain itu, lidah buaya kaya akan nutrisi dengan lebih dari 75 senyawa yang berpotensi aktif, termasuk vitamin, mineral, enzim, asam amino, asam lemak dan polisakarida.

Ternyata daging lidah buaya tidak masalah dikonsumsi langsung setelah membersihkan getahnya.

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi lidah buaya: 

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang paling ditakuti banyak orang karena bisa terjadi secara tiba-tiba dan tanpa disadari. 

Namun, dengan mengonsumsi lidah buaya secara rutin, Anda bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya tersebut.

Pasalnya, nutrisi yang terkandung pada lidah buaya mampu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko seseorang terkena kolesterol.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan 

Terutama buat Anda yang sering susah buang air besar atau punya masalah pencernaan lainnya. 

Maka cobalah untuk mengonsumsi lidah buaya secara rutin. Sebab, lidah buaya memiliki kandungan bahan kimia yang efektif sebagai obat pencahar.

Nutrisi pada lidah buaya mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik pada usus sehingga bisa menyehatkan sistem pencernaan. 

3. Mengobati Nyeri Sendi 

Rheumatoid artritis atau radang sendi adalah penyakit autoimun yang terjadi karena tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuh itu sendiri. Lidah buaya merupakan obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini.

Mengonsumsi lidah buaya selama dua minggu berturut-turut bisa mengobati nyeri akibat reumatoid arthritis. 

4. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut 

Sebuah penelitian menemukan tanaman yang dikenal juga dengan sebutan aloe vera ini mempunyai sifat anti bakteri dan mengandung nutrisi yang dipercaya mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Studi di Journal of India Society of Periodontology mengungkapkan makan lidah buaya secara teratur bisa mengatasi plak dan masalah gigi pada umumnya.

 

 

 

Tag: kesehatan

Bagikan: