Banyak Dicari Para Pembeli di Tahun 2023, Menparekraf Sandiaga Uno Ungkap Tiga Kategori Produk Terlaris di Marketplace

ERA.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan ada tiga kategori produk terlaris terjual di marketplace. Ketiga kategori produk ini paling banyak dicari para pembeli selama 2023. 

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan ketiga kategori produk yang paling laris adalah kuliner, kosmetik, dan fashion. 

"Alhamdulillah produk utama (laris) kuliner, kosmetik dan fashion. Bisnis kosmetik beauty dapat hadirkan banyak lapangan kerja. Dari tahun ke tahun banyak lapang lan pekerjaan," ujar Sandiaga Uno, saat ditemui di Jl. Asia Afrika, Gelora, Tanah Abang,  Jakarta Pusat, DKI Jakarta pada Kamis (30/11/2023). 

Sandiaga Uni (Foto: Era.id/Adelia)

Sandiaga Uno mengungkapkan larisnya ketiga kategori produk ini bisa memajukkan ekonomi kreatif yang mmampu berperan aktif dalam menciptakan lapangan kerja baru. Selain itu, marketplace membantu sektor UKM dan ekonomi kreatif. 

"Jadinya bisa membangkitkan ekonomi kreatif. Tentu ini menjadi kabar menggembirakan," imbuhnya.

Tak hanya produk, acara festival juga dinilai sebagai momen membangkitkan ekonomi. Apalagi, banyak UKM yang menjual produk-produk disetiap acara festival.

"Lebih banyak festival akan banyak pergerakan ekonomi. Selain itu, memberikan dampak positif pada pelaku ekonomi. Produk Indonesia akan menjadi grow," bebernya.

Pria berusia 54 tahun ini memberikan tiga poin pesan untuk masyarakat Indonesia. Ia berharap agar masyarakat Indonesia lebih mencintai dan membeli produk-produk dari Indonesia, hingga  membantu mendorong perkembangan sektor pariwisata. 

"Ada 3 harapan, bangga buatan Indonesia, wisata indonesia, mendorong pariwisata jadi kontributor besar untuk membangkitkan perekonomian bangsa kita," ujarnya.