Anies-Cak Imin Bakal Safari Natal, Timnas AMIN Pastikan Tak Kampanye di Rumah Ibadah

ERA.id - Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan melakukan safari Natal di berbagai daerah. Kegiatan ini bertepatan dengan masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kapten Timnas AMIN M. Syaugi menegaskan kegiatan perayaan Natal bersama pasangan capres-cawapresnya selama masa kampanye Pilpres 2024 ini tidak dilakukan di gereja, melainkan aula atau ruangan terbuka.

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum jelas melarang kegiatan kampanye politik di tempat ibadah.

"Memang secara aturan tidak boleh. Mungkin dalam perjalanan safari, beliau-beliau ini akan memberitahukan hal-hal baik apa yang sudah dilakukan oleh Pak Anies ini, bisa door to door. Jadi, tidak harus di tempat ibadah, memang enggak boleh di situ. Ini kan dalam rangka merayakan saja," kata Syaugi dalam konferesi pers di Rumah Pemenangan AMIN, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023).

Sementara Ketua Panitia Safari Natal AMIN, Henry Husada mengatakan, pasangan Anies-Cak Imin akan berkeliling ke berbagai daerah yang belum pernah dijangkau kompetitor sebelumnya.

"Safari Natal AMIN akan dilakukan di beberapa daerah yaitu Jabodetabek, NTT, Papua, Maluku, Tengah, Manado, Yogyakarta dan lainnya. Dengan adanva Safari Natal ini, kami akan meniangkau yang tidak terjangkau," ujar Henry.

Dia menambahkan, tema yang diambil dalam kegiatan tersebut adalah Natal damai untuk membawa perubahan.

"Makna natal ini sangat luar biasa sekali dan kita sama sama ketahui bahwa calon presiden kita, Bapak Anies sangat memperhatikan kepada semua agama terlebih dengan kepemimpinan beliau di Jakarta sudah buktikan bahwa perayaan natal bisa berjalan," ujarnya.