Mengapa Berat Badan Susah Turun? Ternyata Ini Penyebabnya

ERA.id - Anda mungkin termasuk dari sebagian orang yang bisa menurunkan berat badan dengan mudah. Namun, ternyata cukup banyak orang yang mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan, padahal sudah menerapkan diet secara ketat. Lantas, mengapa berat badan susah turun dan apa penyebabnya?

Mengapa Berat Badan Susah Turun

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari dan kondisi medis tertentu yang jarang menjadi perhatian sehingga membuat berat badan seseorang susah turun.

Di bawah ini adalah sejumlah daftar yang menyebabkan mengapa berat badan susah turun.

Kurang tidur

Kurang tidur tak hanya dapat mengakibatkan berat badan susah turun, tapi juga sangat memberikan pengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Studi dalam jurnal Epidemiology (2019) menjelaskan bahwa durasi tidur Anda akan sangat berpengaruh terhadap berat badan Anda.

Anda akan cenderung mengalami pertambahan berat badan saat tidak mendapatkan cukup tidur.

Pasalnya, kurang tidur dapat menjadikan Anda merasa lapar, menimbulkan rasa lelah, dan kurang termotivasi untuk menjalani olahraga.

Selain itu, kurang tidur dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh Anda dan mengakibatkan Anda tidak memiliki gairah.

Sehingga, Anda jadi melewatkan waktu sarapan yang berdampak pada jadwal makan Anda selanjutnya.

Sering mengalami stres

Kondisi stres ternyata memiliki hubungan yang erat dengan kenaikan berat badan. Tak heran jika berat badan susah turun jika seseorang mengalami stres berkepanjangan.

Stres kronis dapat menjadi pemicu meningkatnya hormon kortisol sehingga seseorang jadi mudah merasa lapar atau nafsu makan meningkat.

Sebuah penelitian dalam jurnal Current Obesity Report (2018), kenaikan jumlah kortisol dalam jangka waktu lama sangat berhubungan dengan obesitas dan penumpukan lemak di perut bawah.

Hal ini tentu tidak dapat biarkan sebab dapat mengganggu kelancaran program diet menurunkan berat badan.

Jika berat badan tidak kunjung turun setelah menjalani diet ketat yang cukup lama, Anda bisa mencoba mengelola stres secara perlahan-lahan.

Olahraga tidak rutin

Olahraga yang tepat dapat membuat berat badan turun, menambah massa otot, dan menjadikan tubuh Anda merasa segar.

Jika Anda merasa program diet menurunkan berat badan belum membuahkan hasil, anda dapat mencoba untuk mulai berolahraga dengan rutin.

Selain itu, Anda harus menyesuaikan jenis dan intensitas olahraga sesuai dengan kemampuan tubuh.

Namun, biasanya olahraga untuk mengurangi berat badan harus dilakukan sebanyak 75 – 150 menit dalam satu minggu.

Makan tidak teratur

Banyak orang yang mengira jika melewatkan beberapa jadwal makan dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Namun, hal ini ternyata menjadi salah satu penyebab berat badan susah turun dengan stabil.

Makan tidak teratur atau terlambat makan akan menyebabkan Anda lebih sulit mengendalikan nafsu makan.

Terlambat makan menjadikan Anda cenderung merasa lapar dan makan lebih banyak pada waktu makan selanjutnya.

Ilustrasi (Freepik)

Cheat day terlalu sering

Bagi Anda yang tengah diet, memang tak masalah jika sesekali istirahat dari diet yang tengah dijalani atau menjalani “cheat day“.

Namun, Anda jangan sampai sering ‘curang’ sehingga menghancurkan rencana diet yang sudah disusun.

Berat badan susah turun yang Anda alami ini dapat diakibatkan oleh kurangnya disiplin dalam menentukan kapan waktunya cheat day. 

Cheat day dapat dilakukan cukup satu kali dalam seminggu. Walaupun sedang istirahat dari diet, Anda juga tentunya harus mengendalikan diri.

Konsumsi obat tertentu

Obat-obatan tertentu bisa menimbulkan efek samping penambahan berat badan, contohnya obat antidepresan dan obat asam lambung.

Selain obat-obatan, efek samping penggunaan alat kontrasepsi hormonal menimbulkan kenaikan berat badan untuk sebagian orang.

Jika penggunaan obat tersebut memang menjadi penyebab berat badan tidak turun, Anda disarankan berkonsultasi dengan dokter.

Dokter mungkin akan memberikan resep obat pengganti atau menyesuaikan dosis agar tidak menambah kenaikan berat badan.

Gizi seimbang tidak terpenuhi

Salah satu jenis diet yang tepat untuk mengurangi berat badan yang umumnya diterapkan yaitu diet karbo. Diet rendah karbohidrat bukan berarti hanya memilih makanan rendah karbohidrat dan melahap makanan lainnya dengan bebas.

Anda juga harus tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan memperhatikan porsi dari setiap jenis makanan. Ketika mengonsumsi sedikit karbohidrat tetapi justru akan menambah sumber lemak, Anda bisa mengalami berat badan susah turun.

Sebab, lemak juga terdiri dari jumlah kalori yang tinggi serta dapat menumpuk di tubuh jika tidak dimanfaatkan sebagai energi.

Demikianlah penjelasan tentang mengapa berat badan susah turun, semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…