Makanan Terbaik untuk Perbaiki Fungsi Ginjal dan Diet yang Paling Efektif

| 02 Dec 2023 22:35
Makanan Terbaik untuk Perbaiki Fungsi Ginjal dan Diet yang Paling Efektif
Makanan terbaik untuk perbaiki fungsi ginjal (unsplash)

ERA.id - Mengoptimalkan fungsi ginjal merupakan langkah menjaga kesehatan tubuh, salah satu cara adalah dengan memperhatikan pola makan dan mengkonsumsi makanan yang dapat mendukung kesehatan ginjal. Lantas apa saja makanan terbaik untuk perbaiki fungsi ginjal?

Sebagai organ penyaring utama, ginjal memegang peranan vital dalam menjaga keseimbangan tubuh. Oleh karena itu, pemahaman terhadap jenis makanan yang bermanfaat bagi ginjal dapat menjadi langkah awal yang berharga untuk merawat organ penting ini.

Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Perbaiki Fungsi Ginjal

Diet ginjal sebagian besar berkaitan dengan menghindari makanan yang tidak baik untuk ginjal Anda. Namun, ada beberapa makanan seperti sayuran, buah, dan protein yang bermanfaat ketika dikonsumsi dalam jumlah kecil. Hal utama yang perlu difokuskan adalah makanan yang mendukung diet sehat secara keseluruhan.

  1. Paprika merah

Paprika merah adalah sumber yang baik karena memiliki beberapa kandungan seperti vitamin, antioksidan, dan serat. Paprika merah juga rendah kalium, fosfor, dan natrium, sehingga Anda bisa terus mengkonsumsinya bahkan ketika penyakit gagal ginjal Anda bertambah.

"Konsumsi 1/2 cangkir sehari paprika merah dan coba makan dengan daging berbumbu, hidangan pasta,, atau makan mentah bersama salad hijau, salad tuna atau ayam, salad pasta dingin, atau sebagai makanan ringan dengan saus," saran dari Ahli diet terdaftar Susan Meyer, MS, RD dilansir dari Cleveland Clinic.

  1. Buah beri

Beri rendah kalori dan gula serta tinggi serat dan juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Selain itu beri juga rendah natrium, fosfor, dan kalium. Meyer menyarankan untuk memasukkan 1/2 cangkir sehari ke dalam diet Anda.

"Beri dapat dimakan sebagai camilan, bagian dari salad, dalam sereal, ditambahkan ke muffin, pancake, atau wafel," kata Meyer. "Mereka juga dapat dengan mudah dibekukan dan digunakan nanti untuk smoothie."

  1. Ikan

"Ikan adalah sumber protein berkualitas tinggi dan mengandung asam lemak omega-3 yang sehat antiinflamasi," kata Meyer.

Meskipun mengandung jumlah kalium dan fosfor yang sedang, salmon, kod, halibut, dan tuna secara alami rendah natrium. Meyer menyarankan untuk mengkonsumsi ikan dua hingga tiga kali seminggu dalam porsi 2 hingga 3 ons.

Diet Terbaik untuk Kesehatan Ginjal

Diet ginjal adalah suatu pendekatan diet yang dirancang untuk mengelola penyakit ginjal. Diet ini dilakukan ketika adanya kerusakan ginjal yang berkembang secara progresif seiring berjalannya waktu.

Menurut Meyer, tujuan diet ginjal  adalah memperlambat perkembangan kegagalan ginjal dengan menyesuaikan diet untuk menjaga fungsi ginjal yang ada. Diet ginjal seringkali dikombinasikan dengan diet diabetes dan/atau jantung untuk mengatasi kadar gula darah, tekanan darah (hipertensi), dan kadar kolesterol.

Diet Terbaik untuk Kesehatan Ginjal (unsplash)

Perlu diketahui, penyakit ginjal seringkali terkait dengan kondisi lain seperti diabetes dan penyakit jantung, sehingga menyesuaikan diet untuk mengatasi setiap kondisi dapat membantu memperpanjang fungsi ginjal.

Pada tahap awal, fokus diet ginjal adalah dengan cara melakukan kontrol porsi dan mengurangi asupan makanan secara keseluruhan, yang dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki diabetes dan penyakit jantung.

Kemudian seiring perkembangan penyakit, beberapa makanan tertentu yang secara langsung mempengaruhi fungsi ginjal secara bertahap dihilangkan.

Meyer menekankan bahwa diet ginjal khususnya relevan bagi individu dengan fungsi ginjal sekitar 5% atau sama sekali tidak berfungsi, meskipun hal ini dapat menantang karena dapat membatasi beberapa makanan yang disukai.

Selain makanan terbaik untuk perbaiki fungsi ginjal, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : kesehatan ginjal
Rekomendasi