Vin Diesel Bantah Lakukan Pelecehan Seksual ke Mantan Asisten: Kejadian 13 Tahun Lalu Digugat oleh Pekerja 9 Hari

ERA.id - Bintang Fast & Furious Vin Diesel membantah dirinya telah melakukan pelecehan seksual terhadap mantan asistennya. Vin dituduh melakukan pelecehan seksual selama pembuatan film Fast Five tahun 2010.

Bryan Freedman, pengacara Vin, mengatakan dalam pernyataan tertulis kepada CNN pada hari Kamis, bahwa Vin menyangkal tuduhan itu. 

"Vin Diesel dengan tegas menyangkal klaim ini secara keseluruhan. Ini adalah pertama kalinya dia mendengar tentang klaim berusia lebih dari 13 tahun yang dibuat oleh seorang karyawan yang konon bekerja selama 9 hari," kata Bryan.

Mantan asisten Vin Diesel, Asta Jonasson mengklaim dalam gugatannya bahwa aktor yang bernama asli Mark Sinclair tersebut melakukan pelecehan seksual terhadap dirinya. Vin disebut mendorongnya ke dinding dan memaksanya untuk berhubungan seks. 

Gugatan Jonasson, yang diajukan di Los Angeles pada hari Kamis, menuduh bahwa pelecehan seksual terjadi di hotel St Regis di Atlanta selama pembuatan film Fast Five.

Dia mengatakan dalam gugatannya bahwa Vin, secara fisik menyerangnya di kamar hotelnya dan "mengabaikan pernyataan tidak setuju dari Jonasson" saat dia meraba-raba tubuhnya.

Gugatan tersebut menuduh bahwa setelah dia "berteriak dan berlari menuju kamar mandi terdekat", bintang film tersebut "menjepitnya ke dinding dengan tubuhnya" dan melakukan tindakan seks pada dirinya.

Setelah kejadian itu, Jonasson juga dihubungi oleh saudara perempuan Vinc Samantha Vincent untuk memberi tahu bahwa dirinya dipecat dari pekerjaan.

Hanya beberapa jam setelah kejadian tersebut, gugatan tersebut mengatakan bahwa dia dihubungi oleh saudara perempuan aktor tersebut, Samantha Vincent yang menjalankan perusahaan produksinya One Race Films dan dipecat.

Dia juga menggugat saudara perempuan aktor tersebut dan perusahaan produksinya.

"Jelas baginya bahwa dia dipecat karena dia tidak lagi berguna. Vin Diesel telah memanfaatkannya untuk memenuhi hasrat seksualnya," demikian isi gugatan tersebut.

"Jonasson merasa tidak berdaya, harga dirinya hancur, dan dia mempertanyakan keterampilannya sendiri dan apakah karier yang sukses akan mengharuskan dia menukar tubuhnya demi kemajuan," tambah gugatan itu.

Mantan asisten tersebut juga mengklaim bahwa eksekutif lain dari perusahaan tersebut melamarnya di hotel yang sama beberapa hari sebelum insiden dengan Vin.

Selain pelecehan seksual, gugatannya mencakup klaim diskriminasi gender, pembalasan ilegal, tekanan emosional, dan pemutusan hubungan kerja yang salah.

Pengacara Jonasson mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada BBC News bahwa kliennya "berusaha meminta pertanggungjawaban Vin Diesel dan mereka yang membiarkan dan menutupi pelecehan seksual terhadapnya atas tindakan mengerikan mereka".

“Kami berharap keputusannya yang berani untuk maju membantu menciptakan perubahan jangka panjang dan memberdayakan para penyintas lainnya,” kata pengacara Claire-Lise Kutlay.

Selain franchise Fast & Furious, Vin Diesel dikenal dengan film-filmnya antara lain Guardians of the Galaxy, XXX dan Riddick.

Vin Diesel juga merupakan produser serial Fast & Furious dan merupakan salah satu aktor berpenghasilan kotor tertinggi di Hollywood.