Anggap Gibran Labrak Tata Tertib Debat, Mahfud MD Pasrah, Soroti KPU yang Tak Bertindak

ERA.id - Calon wakil presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka dianggap melontarkan pertanyaan di luar tema hingga bertindak menyalahi tata tertib debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menanggapi hal itu, Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD enggan mempersoalkannya. Menurutnya, KPU RI juga tak akan bertindak apapun terhadap pelanggaran saat debat.

"KPU kan yang begitu-begitu ya ndak bertindak juga, jadi ndak apa-apa," kata Mahfud usai Debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Dia mengatakan, sepanjang debat berlangsung, dia tak pernah menyalahi aturan dan tata tertib. Misalnya, dengan tidak meninggalkan podioum.

Mantan Ketua Mahakamah Konstitusi (MK) itu lantas menyindir, bahwa dirinya juga bisa saja meninggalkan podium hingga menari-nari. Tapi tak dilakukan karena menyalahi tata tertib. "Tadi sata tetap ikut aturan," kata Mahfud.

"Termasuk tidak meninggalkan podium, itu kan aturan. Kalau saya mau, wah bisa sambil nari-nari di depan," imbuh menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan itu.

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat kedua Pilpres 2024 yang hanya diikuti oleh tiga cawapres saja. Adapun tema yang diangkat yaitu ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Saat debat berlangsung, Gibran sempat melemparkan pertanyaan kepada Mahfud perihal regulasi terkait carbon capture and storage (CCS).

Belakangan, Mahfud menyinggung bahwa isu CCS seharusnya menjadi bagian dari tema debat keempat.

Selain itu, saat jeda segmen debat, Gibran juga beberapa kali terlihat meninggalkan podium dan memberi semangat ke pendukungnya untuk bersorak sorai.