Cegah Difteri Meluas, Pemudik Pakai Masker

Jakarta, era.id - Jelang libur Natal 2017 dan tahun baru 2018, Kementerian Kesehatan siaga mewabahnya difteri. Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengatakan, dirinya juga sudah mengevaluasi kebutuhan logistik untuk imunisasi vaksin difteri.

"Insya Allah makin lama makin menurun dan tapi kami tetap akan menginginkan kerja sama antara lintas kementerian," ujar Nila usai video conference dengan 33 Polda di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/12/2017).

Nila menambahkan, Kemenkes telah memperluas Outbreak Response Immunization (ORI) ke 82 kabupaten. Guna mencegah penyakit pernapasan ini meluas, dia mengimbau masyarakat yang terserang batuk dan flu untuk menggunakan masker selama perjalanan mudik tutup tahun.

"Difteri itu penyebarannya dari percikan ludah. Jadi tidak ada di udara ini. Yang sakit dan batuk tolong pakai masker untuk menghindari. Jadi artinya tidak membuat orang lain akan terkena," lanjutnya.

Jelang libur Natal 2017 dan tahun baru 2018, pemerintah dan polisi akan gelar operasi terpadu. Angkutan, bahan bakar, terorisme, pangan, dan bencana alam, menjadi fokus pemerintah dan polri menghadapi libur akhir tahun.

Selain membahas kelima hal di atas, video conference hari ini juga membahas masalah kesehatan serta arus mudik dan balik.

Pertemuan ini dihadiri jajaran menteri kabinet kerja, antara lain Menteri Kesehatan Nila Moelok, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Tag: