Golongan Darah Favorit Nyamuk, Mitos atau Fakta?

ERA.id - Menghadapi gigitan nyamuk memang kerap menjadi gangguan, hingga muncul pertanyaan menarik: apakah ada golongan darah favorit nyamuk?

Konon, ada golongan darah tertentu yang membuat seseorang lebih menarik bagi nyamuk, sehingga lebih sering dikejar dan digigit. Apakah benar adanya kecenderungan ini, ataukah ini hanyalah mitos belaka?

Melalui artikel ini, mari kita telaah lebih lanjut untuk mengetahui apakah golongan darah dapat menjadi faktor penentu daya tarik bagi nyamuk.

Apakah Ada Golongan Darah Favorit Nyamuk?

Dilansir dari laman AI Care, sebagian besar nyamuk yang menggigit manusia adalah nyamuk betina yang mengandalkan protein dari darah manusia untuk memproduksi sel telur.

Berdasarkan penelitian, nyamuk menunjukkan ketertarikan khusus terhadap golongan darah tertentu, di mana golongan darah O menjadi favorit bagi jenis nyamuk Aedes albopictus, sementara golongan darah AB menjadi incaran nyamuk jenis Anopheles gambiae.

Ketertarikan nyamuk pada golongan darah O diduga karena ketiadaan antigen A dan B di permukaan sel darah merah. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa antigen tidak hanya terdapat dalam sel darah merah, tetapi juga dapat ditemukan dalam cairan tubuh seperti keringat atau air mata.

Antigen golongan darah merujuk pada molekul protein yang ada di permukaan sel darah merah. Dalam sistem golongan darah ABO, pembagian antigen dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Golongan darah A memiliki antigen A dalam sel darah merah dan antibodi antiB dalam plasma.
  • Golongan darah B memiliki antigen B dalam sel darah merah dan antibodi antiA dalam plasma.\
  • Golongan darah O tidak memiliki antigen, tetapi memiliki antibodi antiA dan antiB dalam plasma.
  • Golongan darah AB memiliki antigen A dan B tanpa memiliki antibodi.
nyamuk menunjukkan ketertarikan khusus terhadap golongan darah tertentu (unsplash)

Agar tidak digigit nyamuk pakai apa?

Berikut ini beberapa tips agar Anda bebas dari gigitan nyamuk yang mengganggu:

  • Kenakan pakaian longgar yang menutupi lengan dan kaki Anda.
  • Pertimbangkan untuk mengolah pakaian dan perlengkapan seperti sepatu atau tenda dengan 0,5% permethrin untuk mengusir serangga. Jangan pernah menggunakan permethrin secara langsung pada kulit.
  • Hindari berada di luar ruangan pada saat senja dan matahari terbit ketika nyamuk paling aktif.
  • Buang semua air yang menggenang di halaman Anda, di mana nyamuk dapat berkembang biak.
  • Gunakan kelambu nyamuk untuk menutupi kereta dorong atau kereta bayi.

Apakah handbody bisa mengusir nyamuk?

Sebagian orang yakin jika menggunakan jenis handbody tertentu dapat mengusir nyamuk, apakah hal tersebut fakta atau mitos?

Parfum, lotion tubuh, semprotan rambut, deodoran, dan produk sejenis dapat menarik perhatian nyamuk yang memiliki indera penciuman yang sangat peka. Nyamuk cenderung tertarik pada aroma manis dari produk kecantikan tersebut.

Dengan demikian, ketika Anda berencana untuk beraktivitas di luar ruangan, disarankan untuk memilih produk kecantikan yang memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Contohnya, pilihlah produk yang beraroma jeruk, lavender, atau rempah-rempah.

Meskipun demikian, alasan nyamuk lebih suka menggigit seseorang dapat dikaitkan dengan bau tertentu yang dihasilkan oleh tubuh. Nyamuk memiliki kecenderungan untuk tertarik pada bau lengan.

Meskipun mungkin orang tidak pernah menganggap bahwa bau lengan terlalu mencolok. Faktanya, nyamuk tertarik pada sebum, yaitu zat berminyak seperti lilin pada kulit, yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kekeringan.

Sebum juga mengandung molekul yang dapat menyebabkan bau badan, sehingga menjadikannya daya tarik bagi nyamuk.

Selain golongan darah favorit nyamuk, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…