Sosiolog Ignas Kleden Wafat di Jakarta

ERA.id - Sosiolog cum sastrawan Indonesia, Ignas Kleden, meninggal dunia di Jakarta pada Senin (22/1/2024) dini hari.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh esais Goenawan Mohamad lewat akun X miliknya.

"Ignas Kleden meninggalkan kita. 1948-2024. Percikan perenungannya adalah cahaya," tulis Goenawan di akun @gm_gm, Senin.

Pria kelahiran Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Suyoto, Jakarta Selatan, pukul 03.46 WIB.

Cendekiawan Ulil Abshar Abdalla juga mengungkapkan bela sungkawa di akun X @ulil. Ia menulis Ignas sebagai salah satu pemikir sosial terbaik Indonesia.

"Generasi saya mengenal sosok ini melalui pengantarnya yg hebat atas buku kumpulan tulisan2 Dr. Soedjatmoko, 'Etika Pembebasan' (terbit 80an)," tulis Ulil, Senin.

Ignas Kleden lahir pada 19 Mei 1948 dan sempat menempuh pendidikan di sekolah calon pastor sebelum memilih keluar dan menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Ledalero, Maumere, Flores pada 1972.

Ia mendapatkan gelar Master of Art bidang filsafat dari Hochschule fuer Philosophie, Muenchen, Jerman pada 1982, dan meraih gelar Doktor bidang Sosiologi dari Universitas Bielefeld, Jerman pada 1995.

Mantan editor Yayasan Obor Jakarta itu pernah bekerja sebagai penerjemah buku-buku teologi di Penerbit Nusa Indah, Ende, Flores. Ia juga rutin mengirimkan tulisannya ke majalah Basis Yogyakarta selama bermukim di Flores. 

Ia pindah ke Jakarta pada tahun 1974 dan menjadi kolumnis tetap majalah Tempo. Esai-esai sastranya dimuat antara lain di majalah Basis, Horison, Budaya Jaya, Kalam, hingga harian Kompas.