Ganjar Pertimbangkan Tinjau Ulang UU Ciptaker Jika Menang Pilpres

ERA.id - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan kemungkinannya akan meninjau ulang Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) usai mendengar keluhan para buruh selama masa kampanye.

Hal tersebut ia sampaikan dalam Debat Kelima Capres Pemilu 2024 yang diikuti oleh tiga capres di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam, dengan tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

"Kawan-kawan buruh kemarin bertemu dengan saya, 'Tolong Pak segera review Undang-Undang Cipta Kerja, karena ini yang perlu mendapatkan keseimbangan dengan nasib kami,'," ujar Ganjar saat menyampaikan visi-misinya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga mengungkapkan bahwa ada tiga hal yang harus dibangun untuk mewujudkan Indonesia yang beradab, yaitu kesehatan, pendidikan, dan kebudayaan.

Ia lalu menceritakan beberapa pengalamannya terjun langsung ke lapangan dan mendengarkan suara-suara rakyat. Salah satunya soal dua kelompok yang terpinggirkan dalam mendapatkan akses pendidikan dan kesejahteraan, yaitu perempuan dan kelompok difabel.

Pasangan Mahfud MD itu lalu menegaskan bahwa untuk membangun Indonesia harus dalam koridor yang baik.

"Tentu saja keresahan yang muncul, baik dari Gus Mus, Muhammadiyah, Romo Frans Magniz, Goenawan Mohamad, dan kampus-kampus mesti menjadi catatan kita bersama. Bahwa kita dalam konteks ber-Indonesia, berbudaya, semua harus dalam koridor yang baik," tegas Ganjar.

Sebelumnya, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Debat ketiga capres Pemilu 2024 digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 7 Januari 2024. Setelah itu, debat keempat cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, pada tanggal 21 Januari 2024. Rangkaian debat capres-cawapres kelima yang akan diselenggarakan di JCC Senayan, pada tanggal 4 Februari 2024 merupakan debat terakhir.