Makanan Internasional yang Mudah Dibuat Namun Sering Dijual di Restoran

ERA.id - Kuliner internasional tidak lagi terbatas pada restoran mewah atau perjalanan ke luar negeri, namun telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Bagi Anda yang suka coba-coba, berikut ini akan dibahas beberapa makanan internasional yang mudah dibuat.

Artikel ini akan membahas sejumlah makanan internasional yang tidak hanya lezat, tetapi juga mudah untuk disiapkan di rumah. Dengan resep yang sederhana namun autentik, ayo eksplorasi lebih dalam beberapa menu makanan berikut.

Makanan Internasional yang Mudah Dibuat

  1. Pad Thai (Thailand)

Pad Thai adalah hidangan mie beras yang sederhana namun menggugah selera dengan telur yang digoreng dan pilihan daging, udang, atau tahu. Pemberian bumbu yang cukup banyak, seperti bawang putih, cabai, tamarind, gula, dan saus ikan, memberikan cita rasa istimewa yang memikat.

Meskipun hidangan ini populer di Thailand, Pad Thai sebenarnya memiliki lebih banyak kesamaan dengan masakan gaya Tionghoa dan Vietnam. Mie dalam hidangan ini mirip dengan yang digunakan dalam pho Vietnam.

Jika disajikan dengan benar, Pad Thai memiliki lima profil rasa: manis, asin, asam, pahit, dan pedas.

  1. Lasagne (Italia)

Lasagna adalah salah satu hidangan paling populer sepanjang masa. Makanan ini adalah kombinasi yang menggugah selera dari pasta berlapis, saus, keju, dan daging cincang. Namun, asal-usul lasagne dipertentangkan dengan beberapa versi, menariknya makanan ini sudah ada sejauh zaman Yunani Kuno, Romawi Kuno, dan Naples.

Lasagne yang kita kenal saat ini lebih mirip dengan versi yang dibuat di wilayah Emilia Romagna di Utara Italia. Resep tradisional lasagne terdiri dari lapisan pasta, saus Bechamel, dan saus Parmigiano Reggiano (parmesan).

Resep lasagne cukup mudah dan ideal untuk keluarga (unsplash)

Meskipun demikian, sulit untuk mengetahui secara pasti kapan dan di mana lasagne pertama kali ditemukan (apakah Naples atau Emilia Romagna yang menciptakannya lebih dulu) tetapi diyakini bahwa hidangan ini muncul antara tahun 1544 dan 1692.

Menariknya, Italia bukanlah suatu negara hingga tahun 1860. Jadi pada saat itu, lasagne diciptakan di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Italia. Lasagne adalah resep mudah dan ideal untuk keluarga.

Lasagna juga dapat menjadi hidangan yang bisa bertahan sepanjang minggu. Cukup buat satu atau dua, kemudian disimpan di dalam freezer dan panggang di dalam oven ketika Anda merasa malas memasak.

  1. Ayam Goreng Korea

Di Korea Selatan, ayam goreng adalah simbol kebahagiaan dan menjadi hidangan kaki lima yang sering dinikmati sebagai camilan. Ayam goreng Korea relatif baru di kancah kuliner, dan beberapa sejarawan mengklaim bahwa versi yang digoreng dalam minyak diperkenalkan oleh tentara Amerika selama Perang Korea.

Pada tahun 1960-an dan 1970-an tren ayam goreng tumbuh di Korea, tetapi baru pada tahun 1980-an ayam goreng yang dicelupkan dalam saus manis dan asam dengan gochujang (pasta cabai fermentasi) mulai populer.

  1. Ratatouille (Prancis)

Ratatouille adalah resep klasik dan sehat yang dibuat dari semur sayuran Perancis. Versi yang kita kenal ini adalah makanan petani di seluruh Provence. Beberapa sejarawan makanan percaya bahwa akar ratatouille bisa saja berasal dari Katalonia atau Basque.

Tanggal konsep ditemukan makanan ini tidak jelas, tetapi buah zukini dan tomat berasal dari Amerika, dan terong berasal dari India dan semuanya tidak digunakan dalam masakan Eropa hingga abad ke-17.

Ratatouille kini telah menjadi populer di seluruh dunia. Apa yang dulu dianggap sebagai hidangan petani sederhana kini menjadi hidangan yang disajikan di beberapa restoran terbaik di seluruh dunia.

Namun tidak ada resep yang pasti, melainkan ada serangkaian panduan yang harus diikuti. Anda dapat menyantap hidangan Perancis ini sebagai lauk sayur atau sebagai hidangan utama bersama nasi atau roti kasar.

Selain makanan internasional yang mudah dibuat, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…