Bea Cukai Spanyol Temukan Delapan Ton Kokain di Generator Listik Palsu, Tiga Pelaku Ditangkap

ERA.id - Otoritas pajak dan bea cukai Spanyol mengamankan kokain seberat delapan ton dari Suriname. Kokain seberat delapan ton itu disembunyikan di dalam kontainer yang menyamar sebagai generator listrik di pelabuhan selatan Algeciras.

Agen Otoritas pajak dan bea cukai Agencia Tributaria mengatakan penemuan kokain itu menjadi salah satu yang terbesar yang pernah dicegat di Spanyol. Benda itu ditemukan di dalam struktur logam yang dibuat khusus agar tidak terdeteksi oleh pemindai.

Namun alat pemindai berhasil mendeteksi bahwa bangunan tersebut berisi ‘barang dagangan dalam jumlah besar’ sehingga petugas bea cukai memaksanya untuk membuka dan menemukan delapan ton ‘kokain dengan kemurnian sangat tinggi’.

Menurut laporan Reuters, para penyelundup narkoba telah merencanakan rute yang dirancang untuk mempersulit penemuan isi sebenarnya dari kargo tersebut. Dari Suriname ia melakukan perjalanan ke Panama untuk menuju ke Algeciras.

Tujuan berikutnya adalah Leixoes di Portugal, dan kemudian diangkut melalui jalan darat kembali ke Spanyol. Dari penemuan itu, polisi menangkap tiga orang pelaku, termasuk satu orang yang menerima paket kiriman tersebut.

Spanyol adalah salah satu pintu masuk utama narkoba ke Eropa karena kedekatannya dengan Amerika Latin, yang merupakan sumber utama kokain, dan kedekatannya dengan Maroko, sumber utama resin ganja.