5 Alasan Apel Bagus Dikonsumsi untuk Menurunkan Berat Badan

ERA.id - Buah apel dapat menjadi pilihan nikmat yang dapat dikonsumsi secara rutin. Selain bernutrisi tinggi, faktanya apel juga dapat membantu menurunkan berat badan. 

Ada beberapa fakta dari buah apel yang berkhasiat dalam membantu proses penurunan berat badan dengan cara yang lebih sehat. 

Mulai dari buah yang termasuk rendah kalori, tinggi serat, mengenyangkan dan lain sebagainya. Tak heran jika buah dengan rasa manis dan segar ini kerap dijadikan menu andalan saat diet. 

Fakta apel bantu menurunkan berat badan

Melansir laman Eatingwell, berikut beberapa alasan yang membuat buah apel baik dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan.

1. Rendah kalori

Apel sangat membantu menurunkan berat badan karena tergolong sebagai buah dengan kandungan kalori yang rendah. Tergantung dengan ukurannya, apel biasanya memiliki 80 hingga 130 kalori per buah, sehingga ketika mengonsumsinya akan membantu program diet yang dijalani.

2. Tinggi serat

Buah yang satu ini memiliki serat yang tinggi, sehingga jika mengonsumsinya dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Dengan rutin makan apel, secara tidak langsung hal itu bisa mengontrol rasa lapar, sehingga membantu kita mencegah konsumsi makanan secara berlebihan.  

Manfaat apel untuk menurunkan berat badan (Pexel/Kevin Malik)

3. Rendah glikemik

Indeks glikemik pada makanan saat menurunkan berat badan sangat penting untuk diperhatikan. Nah, buah apel termasuk buah yang mengandung indeks glikemik rendah.

Apel sendiri memiliki glikemik rendah, yang berarti tidak menyebabkan peningkatan gula darah yang besar setelah memakannya. Hal ini tentunya mendukung proses penurunan berat badan secara sehat.

4. Memenuhi kebutuhan cairan

Kadar air pada buah apel mencapai 85 persen hingga 86 persen dari beratnya. Kandungan air pada apel itu pun tak cuma memberikan rasa kenyang lebih lama, tapi juga menghidrasi tubuh untuk menekan nafsu makan berlebihan.

5. Camilan yang enak

Saat menjalani program diet, konsumsi makanan ringan tidak begitu dianjurkan. Dengan kandungan kalorinya yang rendah, serta kadar air tinggi, apel bisa menjadi pilihan camilan sehat saat diet. 

Mengonsumsinya saat dijadikan camilan bisa mengganjal perut di antara jeda waktu makan dan mencegah makan berlebihan.