Teror Serangan Harimau Sumatra Tewaskan Dua Warga Lampung Barat, BKSDA Pasang Perangkap

ERA.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung memasang jebakan kandang dan kamera setelah dua warga ditemukan tewas diterkam harimau di Lampung Barat.

"Untuk mengantisipasi tidak terjadi kasus serupa dan meredam keresahan masyarakat, Balai KSDA Bengkulu-Lampung memasang kandang trap dan kamera trap di lokasi kejadian korban ditemukan," kata Kepala SKW III Lampung, Joko Susilo, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Kamis (22/2/2024), dikutip dari Antara.

Ia juga mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim untuk melakukan evakuasi dan pencarian harimau sumatera yang meresahkan warga sekitar.

"Sudah menurunkan tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah III Lampung dalam rangka upaya untuk melakukan evakuasi satwa liar jenis harimau sumatera," katanya.

Sebelumnya, dua orang dengan waktu yang berbeda ditemukan tewas akibat diterkam harimau sumatera di Lampung Barat.

Pertama, pada Kamis (8/2/2024), Polres Lampung Barat mengevakuasi jasad korban laki-laki bernama Gunarso (47), warga Dusun Sumber Agung, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat.

Kepolisian Sektor Suoh Polres Lampung Barat kembali mengevakuasi seorang warga Dusun Peninjauan, Kecamatan Bandar Negeri Suoh, yang diduga diterkam harimau saat pergi berkebun.

"Pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2024 sekitar pukul 02.00 WIB, korban S (28) merupakan warga Dusun Peninjauan, Pekon Bumi Hantati, ditemukan dalam sudah keadaan meninggal dunia, jasad korban ditemukan sekitar 300 meter dari kebunnya dalam keadaan organ tubuh sudah tidak utuh," kata Kapolsek Suoh Iptu Edward Panjaitan.