Minum Vitamin B Kompleks Setiap Hari? Ini yang Terjadi pada Tubuh

ERA.id - Kesehatan dan fungsi tubuh perlu dijaga dengan baik. Saat ini, ada banyak asupan nutrisi penting yang harus dipenuhi.

Selain kebutuhan protein, mineral, dan karbohidrat, ternyata vitamin juga menjadi asupan nutrisi yang penting bagi tubuh. Salah satunya yaitu vitamin B kompleks yang bisa kita temukan dalam berbagai jenis makanan hingga berbentuk suplemen.

Apakah Anda minum vitamin B setiap hari? Untuk itu, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks merupakan stimulus yang mengolah makanan menjadi bahan bakar di dalam tubuh. Jenis vitamin ini dapat menjaga fungsi tubuh agar tetap berjalan dengan baik. Sesuai dengan namanya, vitamin B kompleks terdiri dari beberapa turunan vitamin yang dikelompokkan menjadi delapan jenis. Antara lain:

  • B1 (tiamin). Tiamin memberikan peran penting dalam metabolisme dengan membantu mentransformasi nutrisi menjadi energi. B1 ini umumnya berasal dari makanan seperti biji bunga matahari dan bibit gandum.
  • B2 (riboflavin). Riboflavin membantu mengolah makanan menjadi energi dan juga berfungsi sebagai antioksidan. Makanan yang mengandung riboflavin tertinggi antara lain jeroan, daging sapi, dan jamur.
  • B3 (niacin). Niacin berfungsi dalam sinyal seluler, metabolisme, serta produksi dan perbaikan DNA. B3 dapat Anda peroleh dari makanan antara lain ayam, tuna, dan lentil.
  • B5 (asam pantotenat). Seperti vitamin B lainnya, asam pantotenat membantu tubuh mendapatkan energi dari makanan dan juga terlibat dalam produksi hormon dan kolesterol. Hati, ikan, yogurt, dan alpukat adalah sumber B5 terbaik.
  • B6 (piridoksin). Pyridoxine terlibat dalam metabolisme asam amino, produksi sel darah merah, dan penciptaan neurotransmiter. Makanan tertinggi vitamin ini bisa Anda dapatkan dalam buncis, salmon, dan kentang.
  • B7 (biotin). Biotin sangat berguna untuk metabolisme karbohidrat dan lemak serta mengatur ekspresi gen. Ragi, telur, salmon, keju, dan hati termasuk beberapa sumber makanan biotin terbaik.
  • B9 (folat). Folat diperlukan untuk pertumbuhan sel, metabolisme asam amino, pembentukan sel darah merah dan putih, dan juga pembelahan sel yang tepat. Folat dapat ditemukan dalam jenis makanan seperti sayuran berdaun hijau, hati, dan kacang-kacangan atau dalam suplemen berbentuk asam folat.
  • B12 (kobalamin). B12 sangat penting untuk fungsi neurologis, produksi DNA, dan perkembangan sel darah merah. B12 dapat Anda temukan secara alami pada sumber hewani, misalnya daging, telur, makanan laut, dan produk susu.

Vitamin-vitamin ini memang mempunyai beberapa karakteristik yang serupa, dan semua jenis itu memiliki fungsi yang unik dan diperlukan dalam jumlah yang berbeda.

Ilustrasi alpukat sebagai sumber vitamin B5 (Gill Ndjouwou/Unsplash)

Minum Vitamin B Kompleks Setiap Hari?

Meskipun kondisi tertentu mewajibkan beberapa orang untuk mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks, penelitian menyimpulkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin B mungkin bisa memberi manfaat bahkan bagi orang yang tidak mempunyai peningkatan kebutuhan nutrisi ini. Adapun manfaat dari konsumsi vitamin ini adalah sebagai berikut.

Mengurangi stres dan memperbaiki mood

Vitamin B kompleks sering dimanfaatkan untuk mengatasi rasa kelelahan dan memperbaiki mood. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa vitamin B dapat meningkatkan semangat dan menambah kinerja kognitif seseorang.

Sebuah studi selama 33 hari pada 215 pria sehat mendapati bahwa pengobatan dengan suplemen B-kompleks dan mineral dosis tinggi dapat memperbaiki kesehatan mental dan stres secara umum serta meningkatkan kinerja tes kognitif.

Studi lain pada orang dewasa muda juga menunjukkan bahwa mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks tingkat tinggi selama 90 hari dapat mengurangi stres dan kelelahan mental.

Mengurangi gejala kecemasan dan depresi

Meskipun vitamin B kompleks tidak tergolong obat untuk kondisi kesehatan mental, tetapi vitamin tersebut dapat membantu mengurangi gejala depresi atau kecemasan.

Sebuah penelitian pada 60 orang dewasa dengan depresi menyimpulkan bahwa pengobatan dengan vitamin B kompleks selama 60 hari menimbulkan perbaikan yang signifikan pada gejala depresi dan kecemasan, daripada dengan plasebo.                                                  

Vitamin B juga dapat memperbaiki respons pengobatan jika dikonsumsi bersamaan dengan obat antidepresan.

Satu studi menyimpulkan bahwa suplementasi vitamin yang mengandung B12, B6, dan asam folat akan menghasilkan respons antidepresan yang lebih baik dan bertahan lama selama 1 tahun, daripada dengan plasebo.

Dosis Vitamin B Kompleks yang Harus Dikonsumsi Setiap Hari

Di bawah ini adalah dosis harian Vitamin B Kompleks yang disarankan untuk dikonsumsi:

  • Untuk dewasa muda, 400 mikrogram (mcg) setiap hari.
  • Ibu menyusui memerlukan 500 mcg sehari.
  • Untuk wanita hamil dan orang dewasa yang lebih tua 600 mcg sehari.

Namun, bagi Anda yang hendak mengonsumsi vitamin ini, wajib konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan resep dosis yang tepat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…