Waktu Terbaik Berjemur di Pagi Hari untuk Dapat Vitamin D Maksimal

| 16 Jan 2024 16:01
Waktu Terbaik Berjemur di Pagi Hari untuk Dapat Vitamin D Maksimal
Waktu terbaik berjemur di pagi hari (unsplash)

ERA.id - Menjemur badan di pagi hari adalah kebiasaan sehat yang sering diabaikan  banyak orang. Hal tersebut tidak jarang lantaran orang-orang tidak tahu waktu terbaik berjemur di pagi hari.

Paparan sinar matahari pada pagi hari memiliki berbagai manfaat yang signifikan bagi kesehatan fisik dan mental. Selain memberikan asupan vitamin D yang penting untuk tulang dan sistem kekebalan tubuh, berjemur di pagi hari juga dapat meningkatkan mood, membantu mengatur ritme tidur, dan memberikan energi positif untuk memulai hari.

Dalam artikel ini, kita akan membahas waktu terbaik untuk menjemur di pagi hari dan bagaimana kebiasaan sederhana ini dapat menjadi investasi berharga di masa depan.

Waktu Terbaik Berjemur di Pagi Hari

Berjemur memang melibatkan keseimbangan antara manfaat paparan sinar matahari dengan potensi risiko, seperti penuaan dini dan kanker kulit. Untuk itu, penting diingat bahwa intensitas sinar ultraviolet (UV) bervariasi sepanjang hari.

Secara umum, radiasi UV paling kuat antara pukul 10 pagi hingga 4 sore, sehingga disarankan untuk menghindari paparan langsung sinar matahari yang berkepanjangan selama periode ini, terutama di musim panas.

Maka dari itu, waktu yang paling aman untuk berjemur biasanya pada pagi hari dan sore hari. Antara pukul 7 pagi hingga 9 pagi, serta setelah pukul 5 sore, lantaran sinar matahari kurang intensif dan tidak berbahaya.

Selain mengetahui waktu terbaik untuk berjemur, Anda juga harus melindungi kulit dengan benar. Gunakan tabir surya dengan SPF setidaknya 30 dan mengaplikasikannya 15-20 menit sebelum keluar rumah dan mengulanginya setiap dua jam, atau setelah berenang atau berkeringat.

Selain itu, Anda juga harus mengenakan pemakaian pakaian pelindung, seperti topi dan kacamata hitam dengan perlindungan, yang penting karena banyak kacamata hitam tidak memiliki faktor kunci ini untuk melindungi mata kita. Selain itu, penting untuk mencari naungan selama jam puncak matahari dan tetap terhidrasi. Secara keseluruhan, untuk meraih manfaat sinar matahari dan menjaga kulit tetap sehat, penting untuk mengambil langkah-langkah perlindungan yang diperlukan. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati sinar matahari dengan aman dan bermanfaat tanpa menghadapi bahaya dari paparan sinar matahari.

Manfaat Berjemur untuk Kesehatan (unsplash)

Manfaat Berjemur untuk Kesehatan

Sementara itu, banyak berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari sebenarnya memiliki manfaat positif untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari AI Care, beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari berjemur:

  1. Membantu Produksi Vitamin D

Paparan sinar matahari yang cukup pada kulit membantu tubuh memproduksi vitamin D. Faktanya, sulit untuk memenuhi kebutuhan vitamin D hanya melalui makanan. Untuk mengaktifkan vitamin D dalam tubuh, paparan sinar matahari yang memadai sangat diperlukan.

Vitamin D berperan penting dalam memperkuat tulang, mencegah osteoporosis, melawan penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mendukung penyerapan kalsium dan fosfor.

  1. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh. Ritme sirkadian memainkan peran kunci dalam menciptakan kualitas tidur yang baik.

Selain itu, paparan sinar matahari membantu mengatur ulang ritme sirkadian, sehingga produksi melatonin terjadi dengan lancar dan mendukung tidur yang nyenyak di malam hari.

  1. Kesehatan Mental yang Baik

Paparan sinar matahari merangsang pelepasan hormon serotonin di otak, yang dapat meningkatkan suasana hati dan menciptakan perasaan ketenangan. Menghabiskan waktu di bawah sinar matahari juga dapat memberikan energi tambahan dan meningkatkan semangat.

Beberapa laporan bahkan menunjukkan bahwa gejala depresi dapat berkurang setelah menghabiskan waktu di luar ruangan dengan terpapar sinar matahari.

Selain waktu terbaik berjemur di pagi hari, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi