Tarif Tol Jakarta-Solo saat Mudik Lebaran 2024, Catat Tips Menempuh Perjalanan Jarak Jauh

ERA.idMudik Lebaran 2024 kini semakin dekat, apakah Anda perantau yang ingin kembali ke kampung halaman di Solo dari Jakarta menggunakan mobil pribadi? Mari simak tarif tol Jakarta Solo saat mudik lebaran 2024 berikut.

Terbaru, pemerintah telah mengumumkan tarif tol terbaru untuk ruas jalan tol Trans Jawa, termasuk ruas Jakarta-Solo. Tarif baru ini mulai berlaku sejak 17 Januari 2024. Berikut ini adalah informasi lengkap terkait tarif tol Jakarta-Solo tersebut.

Panjang jalan tol dari Jakarta ke Solo sendiri adalah salah satu yang terpanjang di Indonesia.  Tol Jakarta-Solo terbentang sepanjang 480 kilometer yang hampir membelah Pulau Jawa.

Tarif Tol Jakarta Solo saat mudik lebaran 2024

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber terpercaya, termasuk situs web resmi Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, berikut rincian biaya tol untuk perjalanan dari Jakarta ke Solo untuk golongan I:

  • Tol Jakarta-Cikampek: Rp 27.000
  • Tol Cikopo-Palimanan: Rp 119.000
  • Tol Palimanan-Kanci: Rp 13.500
  • Tol Kanci-Pejagan: Rp 29.500
  • Tol Pejagan-Pemalang: Rp 66.000
  • Tol Pemalang-Batang: Rp 47.500
  • Tol Batang-Semarang: Rp 111.500
  • Tol Semarang ABC: Rp 5.500
  • Tol Semarang-Solo: Rp 92.000

Dengan demikian, estimasi perjalanan melalui tol dengan kendaraan pribadi adalah Rp452.500.

Berapa jam jarak tempuh Jakarta Solo via tol?

Perjalanan dari Jakarta ke Solo melalui jalan tol Trans Jawa dapat menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman dan efisien.

Berdasarkan Google Map, jarak antara kedua kota ini adalah sekitar 538 kilometer, yang dapat ditempuh dalam waktu 6 jam 36 menit tanpa hambatan.

Untuk itu, perlu persiapan matang untuk perjalanan dari Jakarta-Solo agar nyaman.  Sebelum memulai perjalanan, penting untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh, seperti oli, tekanan ban, dan sistem pengereman. Pastikan pula memiliki saldo uang elektronik yang cukup untuk pembayaran tol.

Kemudian terkait dengan estimasi waktu tempuh di atas merupakan perkiraan ideal tanpa hambatan seperti kemacetan atau istirahat di rest area. Perlu diketahui, faktor-faktor seperti kondisi lalu lintas, cuaca, dan waktu perjalanan dapat mempengaruhi waktu tempuh secara signifikan.

Berapa jam jarak tempuh Jakarta Solo via tol (X)

Tips perjalanan mudik Via Tol yang lebih menyenangkan

1. Siapkan kendaraan

Lakukan servis rutin dan pastikan kondisi kendaraan prima, seperti oli, tekanan ban, sistem pengereman, dan lampu. Selain itu, juga periksa kembali surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM.

Kemudian pastikan Anda memiliki uang elektronik dengan saldo yang cukup untuk pembayaran tol.

2. Rencana rute dan waktu

Kemudian pilih waktu keberangkatan yang tepat untuk menghindari kemacetan. Hindari berangkat pada jam sibuk seperti pagi hari dan sore hari, serta akhir pekan dan hari libur nasional.

Selain itu, perhitungkan perkiraan waktu tempuh berdasarkan kondisi lalu lintas normal, yaitu sekitar 6 jam 36 menit. Tidak lupa siapkan peta jalan atau gunakan aplikasi navigasi untuk membantu menemukan rute terbaik.

3. Perlengkapan dan kenyamanan

Bawalah perbekalan dan air minum yang cukup selama perjalanan. Agar tidak bosan, sebaiknya, siapkan hiburan seperti buku, musik, atau permainan untuk mengisi waktu selama perjalanan.

Kemudian jangan lupa, pastikan Anda membawa obat-obatan pribadi jika diperlukan.

Selain itu, gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk perjalanan panjang.

4. Menjaga keselamatan dan keamanan

Penting untuk mematuhi peraturan lalu lintas dengan disiplin, seperti batas kecepatan dan rambu-rambu jalan. Ingat untuk hindari menggunakan handphone saat mengemudi dan selalu waspada terhadap kondisi jalan dan kendaraan di sekitar.

Selain tarif tol jakarta solo saat mudik lebaran 2024, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…