Golkar Sebut Surya Paloh Gantleman Ucapkan Selamat untuk Prabowo-Gibran

ERA.id - Partai Golkar mengapresiasi sikap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyebut Surya Paloh sudah bersikap ksatria menerima keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Saya mengucapkan apresiasi yang luar biasa kepada senior kami Bang Surya Paloh, itulah Bang Surya yang gantleman," kata Doli di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Menurutnya, Surya Paloh adalah contoh untuk semua pihak dalam menyikapi hasil pemilu. Artinya, siapapun yang bertarung harus siap menerima kekalahan maupun kemenangan.

"Masuk pertarungan itu ya siap menang, siap kalah. Jadi beliau (Surya Paloh) langsung memberikan statement, bahkan mengucapkan selamat kepada Pak Prabowo," katanya.

Senada, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Maman Abdurrahman juga mengapresiasi sikap Surya Paloh.

Dia mengatakan, seharusnya partai politik maupun pasangan calon lainnya bisa meniru Surya Paloh yang legowo menerima kekalahan baik di pilpres maupun pileg.

"Kami angkat topi kepada Partai NasDem dan itu langkah positif yang perku kita tiru sebagai anak bangsa di Indonesia ini  dan mudah-mudahan tradisi positif ini nanti bisa juga diikuti pada saat kontestasi pilkada kita karena nanti bulan November," kata Maman.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Partai Nasdem juga mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024," kata Surya di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (20/3) malam.

NasDem mengaku menerima hasil rekapitulasi suara nasional yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik pemilihan legislatif (pileg) maupun pilpres.

"Partai NasDem menyatakan menerima hasil pemilu tahun 2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu, baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden dan wakil presiden," kata Surya.