Prabowo Sudah Bicarakan Komposisi Kabinet di Level Ketum Parpol Pengusung

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menduga, calon presiden pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto sudah mulai membicarakan soal komposisi kabinet mendatang.

Hanya saja, pembicaraannya baru di level ketua umum partai politik pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Walaupun memang belum official, mungkin ya antar para ketum. Tapi secara substansi, hal ikhawal terkait proporsi kabinet, menurut saya sudah dibicarakan," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Menurutnya, belakangan Prabowo kerap menemui ketua umum dan elite-elite partai politik pengusungnya. Misalnya seperti PAN.

Dalam pertemuan itu, komposisi kabinet mendatang tentunya menjadi topik yang dibicarakan.

"Kan Pak Prabowo juga sudah melakukan pertemuan dengan para ketua-ketua umum ya, ada yang ramai-ramai, ada yang khusus juga, kaya ke PAN. Ya feeling saya sih yang dibicarakan juga soal-soal posisi di kabinet," kata Habiburokhman.

Disinggung apakah ada pembicaraan soal jatah kursi di kabinet saat pertemuan antara Prabowo dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh beberapa waktu lalu, dia mengaku kurang tahu.

Namun, besar kemungkinan ada pembicaraan soal jatah kabinet untuk NasDem. Apalagi, Prabowo terang-terangan mengajak Surya Paloh dan partainya bergabung dengan pemerintahan ke depan.

"Saya kurang tahu ya dengan NasDem seperti apa. Tapi kan kalau kita yang dengar langsung juga Pak Prabowo kan membuka diri ya mengajak NasDem ikut ke pemerintahan, ya kalau sudah seperti itu kan apalagi yang dibahas," ujar wakil ketua Komisi III DPR RI itu.

Sebelumnya, Calon wakil presiden (cawapres) pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 Gibran Rakabuming Raka menyebut calon presiden (capres) Prabowo Subianto meminta masukan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika akan memilih nama-nama menteri di kabinetnya.

"Ya mungkin (Pak Prabowo minta) masukan (ke Jokowi), tapi penentuannya di Pak Prabowo ya," kata Gibran di hotel Ritz-Carlton Jakarta, Senin (25/3).

Dia menyebut, Prabowo sudah membicarakan hal ini dengan Jokowi sejak dulu. Namun, dia tak merinci siapa saja bakal calon menteri di pemerintahan mendatang.

"Sudah lama dari kemarin-kemarin. Sudah dibicarakan dari kemarin-kemarin," tambahnya.