Manfaat Tidur Singkat bagi Pengemudi Saat Mudik

ERA.id - Praktisi Kesehatan Masyarakat dr. Ngabila Salama mengatakan tidur singkat atau power nap dapat membantu masyarakat menjaga kesehatan fisik dan mental selama mudik lebaran.

“Power nap atau tidur sekitar 15 hingga 30 menit berkhasiat untuk menambah energi sehingga tubuh kembali bugar dan rasa kantuk hilang sementara dengan cepat,” kata Ngabila melalui pesan singkat yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu (13/4/2024).

Kasie Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Tamansari Jakarta itu mengatakan tidur singkat perlu dioptimalkan para pengemudi selama berkunjung ke rest area, terutama antara pukul 13.00 sampai 15.00 atau malam hari.

Beberapa manfaat tidur singkat bagi pengemudi seperti meningkatkan kemampuan fokus dan berkonsentrasi, mengurangi rasa lelah, meningkatkan energi, memperbaiki suasana hati, dan melancarkan proses pelepasan hormon.

Tidur singkat juga diklaim membantu tubuh mengalami proses perbaikan otot dan jaringan syaraf, menjaga kinerja otak, hingga meningkatkan kemampuan fisik dan kognitif.

Ngabila menghimbau pengemudi yang ingin tidur singkat agar memastikan ruangan dalam kondisi sepi, sejuk, dan gelap. Jika terlalu terang, ia menyarankan untuk menggunakan masker atau penutup mata.

Ia juga mengingatkan kepada pemudik karena waktu singgah di rest area dibatasi hanya sekitar 30 menit, maka pemudik diminta melakukan kebutuhan yang paling mendesak seperti ke kamar kecil, membeli makanan atau minuman, berjalan kaki atau meregangkan badan selama 10-15 menit bagi pengemudi. Waktu tersebut juga dapat digunakan untuk tidur berkualitas selama 15 atau 30 menit.