Kaesang: PSI Bakal Ajukan Calon Internal untuk Maju Pilkada 2024 di Solo, Semarang hingga NTT

ERA.id - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengatakan partainya bakal mengajukan calon kepala daerah dari internal partai untuk maju dalam Pilkada 2024 di beberapa daerah, antara lain Jawa Tengah, Semarang, dan Solo.

"Jawa Tengah mungkin juga kita nanti akan mengajukan calon kita sendiri juga, walaupun kita mungkin cuma punya dua kursi. Semarang kita juga punya lima (kursi), dan yang pasti Solo," kata Kaesang saat memberikan sambutan dalam acara halalbihalal di Rumah Juang Relawan Jokowi (RJ2), Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (19/4/2024).

"Solo ini juga kita mungkin nanti akan mengajukan sendiri juga, kita tinggal siapa nanti yang berkenan maju atau pengen mendaftar lewat PSI untuk menjadi calon wali kota Solo juga bisa karena kita punya lima kursi juga di sana," sambungnya.

Selain itu, Kaesang menyebut PSI juga akan mengajukan calon kepala daerah di Surabaya, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Kabupaten Tanibar. Namun, dia belum menjelaskan lebih rinci siapa saja tokoh yang bakal dicalonkan di masing-masing daerah.

"NTT juga kita punya banyak sekali kursi, terus Tanibar. Tanibar kemungkinan kita akan maju sebagai bupatinya juga," ungkap Kaesang

"Pokoknya banyaklah. Intinya perjuangan ini belum selesai," imbuh dia.

Oleh karena itu, putra bungsu Presiden Joko Widodo ini pun meminta dukungan dari seluruh relawan untuk membantu PSI agar dapat meraih kemenangan pada pemilihan kepala daerah mendatang. Sehingga nantinya berbagai program pasangan capres-cawapres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bisa berjalan dengan lancar di tingkat daerah.

"Karena untuk programnya Pak Prabowo dan Mas Gibran supaya lancar ke depannya, yang harus kita pastikan adalah orang-orang yang akan mendukung Pak Prabowo di tingkat gubernur, di tingkat wali kota, di tingkat bupati, ini yang harus bisa sejalur atau sejalan dengan Pak Prabowo dan Mas Gibran," tegas Kaesang.

"Maka dari itu, saya minta tolong sekali lagi, perjuangan kita belum selesai, Pilkada 2024 tinggal beberapa bulan lagi, pendaftaran mungkin nanti di sekitar bulan Agustus," sambungnya.