Siapkan Tokoh Kejutan di Pilgub Jatim, PKB Enggan usung Khofifah?

ERA.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan, partainya tengah menyiapkan tokoh untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024. Dia menyebut, bakal ada kejutan dalam pilkada di wilayah tersebut.

"Khusus (Pilgub) Jawa Timur akan ada kejutan-kejutan, tetapi (tokohnya) masih dimatangkan," kata Cak Imin kepada wartawan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024).

Meski demikian, dia belum memerinci identitas tokoh kejutan itu. Saat disinggung soal nama Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa dan peluang PKB mengusungnya, Cak Imin tidak menjawab secara tegas.

Dia hanya menyampaikan bahwa PKB terbuka untuk menerima siapapun yang hendak mencalonkan diri sebagai kepala daerah dan mendaftar melalui partainya.

"Ya gini ya, pilkada itu prinsipnya membuka diri, semua tokoh yang punya peluang dan potensi dipersilakan daftar ke PKB. Nah, kalau yang enggak daftar, ya, enggak ada komunikasi," jelas Cak Imin.

"Siapapun yang daftar, kita enggak boleh diskriminasi. Bahkan, lawan politik pun boleh (mendaftar lewat PKB)," sambungnya.

Saat ditanya mengenai calon tandingan Khofifah yang disiapkan oleh PKB, Cak Imin menepisnya.

"Tidak tandingan. Kalau Bu Khofifah daftar (ke PKB) gimana? Kalau Bu Khofifah daftar?" ujar Cak Imin.

Disisi lain, Wakil Ketua DPR RI ini mengungkapkan, hingga kini, Khofifah belum mendaftar ke PKB untuk maju dalam Pilgub Jawa Timur. 

"Belum, belum daftar. Kita buka sampai menit terakhir, siapa pun boleh," jelas dia.