Kirim Surat Ucapan Selamat ke Putin, Kim Jong Un Doakan Rusia Menang Lawan Ukraina

ERA.id - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim pesan ucapan selamat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin atas Hari Kemenangan, atau yang lebih dikenal dengan Victory Day. Kim juga turut mendoakan Rusia dalam konflik dengan Ukraina.

“Kim menyampaikan ucapan selamat hangat dan salam persahabatan kepada Putin dalam pesan perayaan 79 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman pada Perang Dunia II,” kata Kantor Berita Korea Utara KCNA, Kamis (9/5/2024).

Kim memuji Putin atas upaya terdepan untuk mempertahankan kedaulatan Rusia terhadap tantangan jahat dan ancaman kekuatan musuh, yang tampaknya merujuk pada perang Rusia dengan Ukraina.

“Saya menyatakan dukungan tegas dan solidaritas terhadap tujuan suci Rusia, berharap Anda dan tentara serta rakyat Rusia yang pemberani akan meraih kemenangan baru dalam perjuangan mengalahkan kebijakan hegemonik imperialis,” kata Kim.

Putin resmi menjabat sebagai Presiden Rusia untuk kelima kalinya setelah dilantik pada Selasa (7/5/2024). Pelantikan Putin ini dilakukan setelah ia menang telak dalam proses pemilu yang diadakan pada Maret lalu.

Kemenangan ini menjadikan Putin untuk memimpin Rusia selama enam tahun ke depan.

Korea Utara dan Rusia telah memperdalam kerja sama militer dan memperkuat hubungan bilateral setelah Kim dan Putin mengadakan pertemuan puncak pada September tahun lalu.