Prabowo Ngaku di Endorse Banyak Presiden Indonesia: Gus Dur dan Bung Karno Dukung dari Langit

ERA.id - Presiden terpilih Prabowo Subianto mengaku kemenangannya di Pilpres 2024 berkat dukungan dari presiden Indonesia terdahulu. Prabowo mengaku dia mendapat dukungan dari Jokowi hingga mendiang Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Ungkapan ini disampaikan oleh Prabowo Subianto dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) PAN di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Kamis (9/5/2024). Dalam pidatonya, Prabowo tak menampik dirinya mendapat 'endorse' dari presiden.

"Saya merasa ada tiga presiden yang mengendorse dan dukung saya. Pertama-tama, tentunya udahlah enggak usah malu-malu presiden Jokowi ya kan, apalagi bener enggak, wajar itu kenapa," kata Prabowo.

Lalu, kata Prabowo, dia juga tidak menyembunyikan fakta bahwa dirinya pernah menjadi lawan politik Jokowi. Namun saat ini kondisinya dia sudah menjadi bagian dari tim Jokowi.

"Saya juga enggak pernah sembunyi, saya dulu lawan Jokowi tapi sekarang saya bagian dari tim Jokowi dan saya didukung Jokowi, mau apa? Bener enggak? Enggak usah basa-basilah," tegasnya.

Selain mengaku dapat dukungan dari Jokowi, Prabowo juga mengaku mendapat dukungan dari presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Begitu juga dengan mendiang Gus Dur dan Soeharto, yang disebut Prabowo juga turut mendukungnya dari langit.

"Saya juga didukung oleh presiden ke-6 pak SBY, itu juga terang-terangan kan dan saya juga merasa saya didukung oleh presiden Gus Dur kan beliau endorse aku terus menerus ya kan," katanya.

"Jadi beliau dukung saya dari langit aku yakin, beliau di belakang saya. Saya kira mungkin pak harto dukung saya juga ya," tambahnya.

Ketua Partai Gerindra itu kemudian menyinggung soal Presiden Soekarno, yang dinilainya selalu dikatikan dengan satu partai politik saja. Akan tetapi, Prabowo menegaskan bahwa presiden Soekarno milik seluruh rakyat Indonesia.

"Walaupun ada yang ngaku-ngaku kan selalu bahwa seolah Bung Karno milik satu partai, tidak, Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia," tegasnya.

Lebih lanjut, Prabowo menegaskan kembali bahwa dirinya meyakini Soekarno juga turut memberi dukungan kepadanya. Prabowo juga menjelaskan bahwa dia akan memperjuangkan cita-cita Bung karno agar Indonesia bisa berdiri di atas kaki sendiri.

"Feeling saya kayanya beliau juga dukung saya juga kira-kira, ya kan, yang saya perjuangkan apa yang beliau cita-citakan, Indonesia berdiri di atas kaki kita sendiri, Indonesia tidak mau jadi darah bagi bangsa lain kan demikian," pungkasnya.