Prabowo Sebut Bung Karno Bukan Milik Partai Tertentu, Sekjen PDIP: Memang Milik Warga Bangsa

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan, Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno merupakan sosok milik semua kalangan. Hal ini dia sampaikan menanggapi pernyataan Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto yang menyebutkan bahwa Soekarno bukanlah hanya milik satu partai tertentu.

"Terkait dengan Bung Karno, apa yang disampaikan oleh Pak Prabowo memang Bung Karno tidak hanya milik rakyat Indonesia tetapi milik warga bangsa juga," kata Hasto di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Senin (13/5/2024).

"Karena Bung Karno bercita-cita untuk merombak sistem internasional yang anarkis menjadi sistem internasional yang mengedepankan kesetaraan antarwarga bangsa, yang menentang berbagai bentuk penindasan dalam seluruh aspek kehidupan, mengedepankan kemanusiaan, keadilan. Bahkan Bung Karno mengusulkan Pancasila menjadi piagam dari PBB untuk membangun suatu tata dunia yang baru," sambungnya.

Meski demikian, Hasto menjelaskan, PDIP memang memiliki ikatan yang sangat kuat dengan Soekarno. Sebab, Partai Nasional Indonesia (PNI) yang didirikan oleh Proklamator RI itu menjadi akar terbentuknya partai berlogo banteng yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri.

"PDIP secara konsisten menjabarkan ide, gagasan, pemikiran, cita-cita Bung Karno dalam seluruh napas kehidupan Partai dan kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga karena emotional bonding itulah PDIP yang paling konsisten di dalam menjabarkan seluruh pemikiran Bung Karno itu khususnya terkait dengan ideologi Pancasila, spirit mewujudkan Trisakti," jelas Hasto.

Hasto mengaku PDIP terbuka jika ada pihak atau golongan yang merasa melaksanakan atau memperjuangkan pikiran Soekarno. Termasuk Prabowo yang merasa memperjuangkan ide dan gagasan Proklamator RI itu.

"Sekiranya Partai lain juga akan menjalankan hal yang sama dengan PDIP, dengan emotional bonding Bung Karno, pemikiran-pemikiran Bung Karno, ya, tentu saja kami welcome," ujar dia.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menyinggung soal Presiden Soekarno, yang dinilainya selalu dikatikan dengan satu partai politik saja. Akan tetapi, Prabowo menegaskan bahwa presiden Soekarno milik seluruh rakyat Indonesia.

Ungkapan ini disampaikan oleh Prabowo dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) PAN di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Kamis (9/5).

"Walaupun ada yang ngaku-ngaku kan selalu bahwa seolah Bung Karno milik satu partai, tidak, Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia," tegasnya.

Lebih lanjut, Prabowo menegaskan kembali bahwa dirinya meyakini Soekarno juga turut memberi dukungan kepadanya. Prabowo juga menjelaskan bahwa dia akan memperjuangkan cita-cita Bung karno agar Indonesia bisa berdiri di atas kaki sendiri.

"Feeling saya kayanya beliau juga dukung saya juga kira-kira, ya kan, yang saya perjuangkan apa yang beliau cita-citakan, Indonesia berdiri di atas kaki kita sendiri, Indonesia tidak mau jadi darah bagi bangsa lain kan demikian," pungkasnya.