Cara ke Psikiater Menggunakan BPJS Kesehatan

ERA.id - BPJS Kesehatan adalah badan yang menyediakan program jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

BPJS Kesehatan memberikan manfaat yang beragam, termasuk layanan kesehatan secara gratis atau subsidi.

Salah satu layanan kesehatan yang bisa didapatkan dengan menggunakan BPJS Kesehatan yaitu poli jiwa yang termasuk psikiater dan psikolog. Simak penjelasan mengenai cara ke psikiater menggunakan BPJS di bawah ini.

Biaya poli jiwa yang cukup besar kerap kali membuat orang-orang yang mempunyai keluhan atau gangguan mental ragu untuk menjalani sesi konseling bersama psikiater atau psikolog. Namun, hal tersebut sebaiknya tidak perlu dikhawatirkan, karena layanan psikiater atau psikolog sudah bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Melansir asuransi Lifepal, Selasa (14/05/2024), peserta BPJS Kesehatan dapat menerima layanan psikiater dengan menggunakan BPJS Kesehatan. Sebelum Anda pergi ke psikiater dengan BPJS Kesehatan, Anda harus mengikuti aturan yang berlaku dan mengisi dokumen pendukung secara lengkap.

BPJS Kesehatan. (Antara)

Cara ke psikiater menggunakan BPJS Kesehatan

Di bawah ini adalah cara ke psikiater menggunakan BPJS Kesehatan:

1. Cari tahu layanan poli jiwa

Anda terlebih dahulu harus memastikan apakah di puskesmas terdekat tersedia layanan poli jiwa karena ada beberapa puskesmas yang tidak menyediakan layanan poli jiwa sehingga peserta diharuskan mencari rujukan untuk ke rumah sakit lain.

2. Lengkapi dokumen administrasi

Sebelum mengunjungi puskesmas, peserta harus melengkapi dokumen administrasi. Adapun dokumen yang Anda butuhkan, antara lain:

  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi kartu BPJS Kesehatan
  • Kartu asli BPJS Kesehatan
  • Surat keterangan diagnosis

Setelah itu, Anda bisa mengunjungi puskesmas terdekat atau rujukan yang menerima BPJS Kesehatan.

3. Verifikasi

Peserta menjalani verifikasi dokumen di puskesmas atau rumah sakit rujukan. Setelah verifikasi dokumen dilakukan, Anda selanjutnya harus mendaftar dan menerima nomor antrian sebelum dipanggil.

4. Sesi konseling

Peserta selanjutnya dapat menjalani sesi konseling bersama psikolog atau psikiater. Jika peserta diberikan resep obat oleh psikiater, maka peserta bisa membeli obat di bagian farmasi.

5. Lakukan konseling secara berkala

Gangguan kejiwaan tentunya tidak bisa sembuh secara instan, oleh sebab itu peserta disarankan untuk terus menjalani sesi konseling secara berkala agar efektivitas terapi dan obat bisa didapatkan.

Fasilitas dengan BPJS di pelayanan kesehatan mental

Peserta BPJS Kesehatan bisa menerima berbagai fasilitas di pelayanan kesehatan mental, yaitu:

  • Administrasi pelayanan
  • Pelayanan promotif dan preventif
  • Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai
  • Transfusi darah sesuai kebutuhan medis
  • Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis; termasuk rawat jalan
  • Tindakan medis non-spesialis, baik operatif ataupun non-operatif
  • Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama
  • Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi

Demikianlah penjelasan tentang cara ke psikiater menggunakan BPJS. Bagi Anda yang memang mempunyai keluhan atau permasalahan dalam hal tersebut, kini tidak perlu khawatir lagi karena layanan sudah bisa didapatkan melalui BPJS.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…