Sempat Kritis, Perdana Menteri Slovakia Ditembak Lima Kali: Satu Peluru Menembus Perut

ERA.id - Pedana Menteri Slovakia Robert Fico dipastikan dalam kondisi stabil usai ditembak oleh orang misterius. Fico sempat kritis dan menjalani prosedur operasi.

Wakil Perdana Menteri dan Lingkungan Hidup Slovakia Thomas Taraba mengatakan dirinya terkejut setelah mendengar peristiwa yang menimpa Robert Fico. Taraba mengatakan sejauh ini Fico berhasil melewati proses operasi dan dalam tahap pemulihan.

"Saya sangat terkejut,  untungnya sejauh yang saya tahu operasinya berjalan dengan baik dan saya kira pada akhirnya dia akan selamat, dia tidak berada dalam situasi yang mengancam nyawa saat ini," kata Taraba, dikutip BBC, Kamis (16/5/2024).

Pria bersenjata itu menembak Fico sebanyak lima kali. Taraba mengatakan satu peluru menembus perut Fico dan peluru lainnya mengenai sendi.

Menteri Pertahanan Robert Kalinak mengatakan pada jumpa pers beberapa jam sebelumnya bahwa Fico menderita "politrauma serius" setelah beberapa luka tembak. Sementara Menteri Dalam Negeri Matus Sutaj Estok sebelumnya mengatakan bahwa Fico berada dalam kondisi yang mengancam nyawa saat dia berada di ruang operasi.

“(Upaya) pembunuhan ini bermotif politik dan keputusan pelaku diambil setelah pemilihan presiden,” kata Sutaj Estok, mengacu pada pemilu bulan April yang dimenangkan oleh sekutu Fico, Peter Pellegrini.

Penembakan di kota Handlova di Slovakia tengah, yang menurut media Slovakia dilakukan oleh seorang pria berusia 71 tahun, mengejutkan negara kecil di Eropa tengah tersebut dan menuai kecaman internasional.

Setelah serangan itu, Fico dilarikan ke rumah sakit di Handlova tempat dia memimpin rapat pemerintah. Dia kemudian diangkut dengan helikopter ke ibu kota daerah Banska Bystrica untuk perawatan darurat, seraya menambahkan bahwa kondisinya terlalu serius untuk dibawa ke Bratislava.