Putin Kirim Dua Pesawat Canggih Bantu Pencarian Presiden Iran Ebrahim Raisi, Puluhan Regu Penyelamat Turut Disertakan

ERA.id - Seorang ajudan presiden Rusia mengumumkan bahwa dua pesawat canggih dengan helikopter khusus dan 50 penyelamat gunung profesional akan bergabung dengan tim Iran dalam operasi pencarian helikopter jatuh yang membawa presiden Iran dan rombongannya. 

Igor Levitin menelepon Wakil Presiden Pertama Iran Mohammad Mokhbar pada Senin pagi untuk memberitahunya tentang pertemuan luar biasa Vladimir Putin dengan pejabat tinggi pemerintah Rusia dan duta besar Iran untuk Moskow.

"Sesuai dengan perintah presiden Rusia, dua pesawat canggih dengan helikopter khusus akan dikirim ke Tabriz dengan 50 penyelamat gunung profesional dalam waktu satu jam,” kata Levitin kepada Mokhber melalui telepon, dikutip IRNA, Senin (20/5/2024).

"Pada Senin pagi, dua helikopter Rusia akan berangkat ke Tabriz dari Armenia," sambungnya.

Levitin menekankan bahwa pemerintah Rusia dan Putin prihatin terhadap kesehatan Presiden Raisi dan tim pendampingnya serta salam, rasa hormat dan simpati yang tulus terhadap pemerintah, kepemimpinan dan bangsa besar Iran saat ini.

Dalam percakapan telepon tersebut, Mokhbar sendiri menyampaikan terima kasih atas dukungan presiden dan pemerintah Rusia kepada Republik Islam di saat yang mendesak.

Diketahui helikopter yang membawa Presiden Iran Ebeahim Raisi jatuh pada hari Minggu (19/5/2024) waktu setempat di hutan Dizmar antara kota Varzaqan dan Jolfa di provinsi Azerbaijan Timur. Kecelakaan tu terjadi ketika presiden kembali dari acara peresmian bendungan bersama Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

Tim penyelamat menghadapi tantangan besar akibat kabut tebal di wilayah pegunungan terpencil.