Pertolongan Pertama saat Kulit Tersiram Minyak Panas, Lakukan Hal Berikut

ERA.id - Percikan minyak panas tidak jarang membuat seseorang mendapatkan luka bakar. Hal ini bisa terjadi ketika Anda memasukkan bahan masakan ke dalam wajan yang di dalamnya berisi minyak panas atau tidak sengaja menumpahkannya. Walaupun sering dianggap ringan, luka bakar yang didapatkan karena percikan minyak akan menyebabkan bengkak, nyeri, dan kemerahan.

Pertolongan Pertama Saat Kulit Tersiram Minyak Panas

Percikan minyak saat memasak, walaupun sedikit, dapat menyebabkan nyeri dan sensasi panas pada kulit yang terpapar. Jika Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya segera lakukan langkah berikut untuk mencegah komplikasi, dilansir dari Healthline:

  • Lepaskan pakaian dan perhiasan yang ada pada area kulit yang terpercik minyak panas.
  • Alirkan air ke daerah yang terpercik minyak panas selama beberapa menit. Jika luka bakar didapatkan karena paparan bahan kimia, basuh dengan air terus selama 20 menit.
  • Jangan gunakan mentega, odol, kecap, dan kopi es untuk menangani luka bakar. Bahan-bahan ini ternyata hanya membuat kondisi kulit semakin parah.
  • Sebaiknya jangan mengompres luka bakar dengan es batu. Suhu dingin dari es batu membuat pembuluh darah mengecil, menyebabkan aliran darah berkurang dan menjadikan luka sukar sembuh.
  • Tutup luka dengan kain kasa atau perban steril yang lembap kemudian lepaskan setelah kasa mengering. Jangan memecahkan gelembung atau mengelupas kulit yang terpapar minyak panas. Tunggu hingga mengering sambil mengoleskan krim khusus luka bakar.
Ilustrasi (Wutwhanfoto/Pexels)

Level atau Derajat Luka Bakar

Luka bakar adalah kerusakan kulit yang disebabkan karena banyak faktor. Selain karena percikan minyak, luka bakar bisa terjadi karena sengatan listrik, percikan api atau air panas, paparan bahan kimia, dan paparan sinar UV matahari dalam waktu lama. Luka bakar bisa berkembang dari level satu hingga tiga, simak penjelasannya di bawah ini.

  • Luka bakar derajat satu (superfisial). Pada level ini, luka bakar hanya mengenai lapisan kulit paling atas (epidermis). Tandanya yaitu kulit kemerahan, rasa nyeri, dan pembengkakan.
  • Luka bakar derajat dua, mengenai lapisan kulit paling luar yang rusak dan mengganggu lapisan bawahnya. Pada derajat ini, luka bakar dapat dilihat dengan adanya gelembung pada kulit yang berisi cairan, pembengkakan, dan kemerahan.
  • Luka bakar derajat tiga. Pada level ini, area luka bakar tidak terbatas, bahkan dapat menyasar tulang dan organ dalam. Umumnya hal ini ditandai dengan kulit kering, pucat, hingga menghitam. Berbeda dengan derajat satu dan dua, luka bakar derajat tiga tidak menyebabkan nyeri.

Demikianlah pertolongan pertama saat kulit tersiram minyak panas saat memasak. Proses penyembuhan luka bakar sangat bervariasi. Meski demikian, biasanya luka bakar akan pulih dalam 7-21 hari dan bekas lukanya akan menghilang setelah beberapa minggu atau bulan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…