Kemenparekraf Sebut UMKM Sebagian Besar Digerakkan oleh Perempuan

ERA.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyebut perempuan Indonesia mendominasi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). mayoritas usia pelaku UMKM perempuan di Indonesia antara 36-45 tahun.

Menurut sektor usaha yang paling banyak dilakukan oleh Perempuan yaitu kuliner 41,69%, fashion 18,15% dan kriya 15,70%. Sedangkan, usaha Mikro yang dikelola Perempuan, Besar 52,9%, Kecil 50,6% dan Menengah 34%.

Erwita Dianti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI mengatakan Kemenparekraf selalu menyediakan pelatihan UMKM disetiap daerah Indonesia.

"Pertama saya berkomentar audience perempuan berarti potensi perempuan untuk terjun dunia entertain, UMKM wirausaha lebih banyak perempuan. Kalau saya banyak mengikuti pelatihan daerah. Setiap pelatihan audience banyak perempuan," jelas Erwita, saat ditemui di konferensi pers Citra Semasa Piknik 2024, di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan 65% UMKM dikelola oleh perempuan. Ini menjadi kemajuan yang signifikan, terutama karena partisipasi perempuan tidak hanya ikut menggerakkan roda ekonomi negara, namun juga memperkuat aspek personal, relasional, dan aspek ekonomi dari setiap perempuan yang terlibat.

"Dilihat dari data BPS, itu 65% kinerja dibidang kreatif, UMKM wirausaha ada ditangan perempuan dan laki-laki sedikit. Mungkin laki-laki sukanya (usaha) besar seperti eksplor minyak, aplikasi, game. Kalau kriya, fashion, kuliner itu banyak dipegang tangan perempuan," jelasnya.

Erwita mengatakan perempuan lebih telaten untuk UMKM. Mereka akan berkumpul dan membuat komunitas sesama UMKM.

"Perempuan telaten teliti suka berkumpul dengan komunitas. Tahu apa yg disukai komunitas. Kalau laki-laki berpikir lebih luas, kalau perempuan dari hal kecil dulu. Integrasi dari sesama, hobinya sama, trennya perempuan suka apa. Itu kecenderungan perempuan lebih tahu." jelasnya.