Mengintai Remaja, Begini Cara Mencegah Obesitas

ERA.id - Data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan bahwa prevalensi obesitas di Indonesia terus mengalami peningkatan. Pada 2019, angka obesitas di Indonesia mencapai 14 persen dan kini meningkat menjadi 25-26 persen.

Obesitas pada anak-anak dan remaja juga menunjukkan tren peningkatan yang mengkhawatirkan. Obesitas terdapat faktor resiko untuk penyakit tidak menular seperti diabetes melitus, jantung, kanker, hingga hipertensi.

Umumnya, obesitas disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti kurang aktivitas fisik dan pola makan yang tidak sehat. Namun, obesitas tidak hanya dapat terjadi akibat gaya hidup, tetapi bisa juga karena pengaruh genetika, kondisi mental, efek samping pengobatan, hingga penyakit tertentu.

Gejala yang paling nampak dari obesitas adalah meningkatnya berat badan. Namun, dokter akan memastikan kenaikan berat badan tersebut sebagai gejala obesitas menggunakan suatu indikator. Indikator yang umum digunakan untuk menentukan obesitas adalah indeks massa tubuh (IMT).

Biasanya dokter akan menyarankan penderita obesitas untuk menerapkan diet sehat, membatasi asupan kalori sehari-harinya, serta rutin melakukan aktivitas fisik. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan asupan kalori dengan kalori yang dibakar dalam tubuh, sehingga penambahan berat badan bisa dicegah.

Selain itu, beberapa tindakan medis yang dilakukan oleh dokter untuk mengatasi obesitas. Berikut cara mengatasi obesitas, seperti dilansir dari laman Siloam Hospital.

1. Meresepkan obat-obatan tertentu untuk membantu menurunkan berat badan, seperti orlistat dan liraglutide.

2. Balon intragastrik, yaitu tindakan medis yang dilakukan dengan meletakkan balon kecil berisi air di dalam perut. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ruang kosong pada perut sehingga pasien akan mudah merasa kenyang dan makan dalam porsi lebih sedikit.

3. Bedah bariatrik, yaitu prosedur bedah yang dilakukan dengan memotong organ lambung untuk memperbaiki metabolisme tubuh serta menurunkan berat badan.

Cara mencegah obesitas utamanya dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, melakukan diet untuk menjaga berat badan ideal, membatasi konsumsi makanan tinggi lemak dan gula, dan tidur yang cukup.