Jokowi Tunjuk Basuki Hadimuljono dan Raja Juli Antoni Jadi Plt Kepala-Wakil Otorita IKN

ERA.id - Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni sebagai Plt kepala dan wakil kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Basuki dan Raja Juli menggantikan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe yang sebelumnya sudah menyampaikan pengunduran diri sebagai pimpinan Otorita IKN.

"Presiden mengangkat menteri PUPR pak Basuki sbg Plt kepala otorita IKN dan juga mengangkat wamen ATR sbg wakil otorita IKN," kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Pratikno mengatakan, secara khusus Jokowi meminta Basuki dan Raja Juli mempercepat pembagunan IKN dan tetap konsisten dengan rencana awal pembangunan calon ibu kota negara itu.

"Pak menteri PUPR dan pak wamen ATR dipanggil presiden, agar dalam status sebagai Plt ini segeta menjamin percepatan pembangunan IKN dengan sebaik-baiknya, dengan visi semula yaitu tetap konsisten drngan rencana nusa rimba raya dan tentu saja memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar," kata Pratikno.

Sementara Basuki menambahkan, sebagai Plt Kepala Otorita IKN, dia bakal fokus mempercepat penyelesaian target-target pembangunan di IKN.

"Dan kami berdua ditugaskan mempercepat pelaksanaan program tersebut sesuai dengan urban design, sesuai dengan hasil sayembara yang lalu, urban design pembangunan IKN dengan konsep negara nusa rimba," kata Basuki.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi telah menerima surat pengunduran diri Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai pimpinan Otorita IKN.

Namun belum diketahui apa alasan keduanya mundur di tengah persiapan pelaksaan perayaan HUT RI.