Klaim Tak ada Masalah Serius, Luhut Pastikan Target Pembangunan IKN Tak Perlu Diturunkan

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, target pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak perlu diturunkan.

Menurutnya, tidak ada masalah serius di IKN. Dia optimis Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono mampu menyelesaikan sesuai target yang ada.

"Enggak ada (penurunan target IKN)," kata Luhut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Menurutnya, masalah di IKN sudah terindentifikasi dan tidak ada yang serius. Selain itu, dia meyakini Menteri PUPR Basuki yang ditunjuk sebagai Plt kepala Otorita IKN mampu menyelesaikan target yang ada.

"Sekarang apa yang dilakukan Pak Basuki menjadi Plt kan sudah bagus. Kan masalah diwww situ sudah kita mampu identifikasi semua kok, enggak ada masalah yang terlalu serius," kata Luhut.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi telah menerima surat pengunduran diri Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai pimpinan Otorita IKN.

Jokowi lantas menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni yang ditunjuk sebagai Plt kepala dan wakil otorita IKN.

Sejumlah pihak menilai, pengunduran diri Bambang dan Dhony karena tingginya target dari Jokowi untuk menyelesaikan pembangunan IKN. Terlebih, HUT RI pada 17 Agustus mendatang direncanakan digelar di IKN.