Menko Marves Luhut: IKN Tidak Masalah, yang Masalah yang Jadi Pimpinannya

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, masalah di Ibu Kota Nusantara (IKN) berasal dari pemimpinnya.

Diketahui, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mengundurkan diri dari jabatan kepala dan wakil Otorita IKN (OIKN).

"Mengenai IKN, IKN itu tidak jadi masalah yang masalah yang jadi anunya pimpinannya," kata Luhut dalam Rapat Kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Terkait dengan isu-isu tak ada investor yang menanam modal di IKN hingga pembangunan yang lambat, dia membantahnya.

Meski begitu, dia tak menampik bahwa dalam pelaksanannya memang ada sejumlah kendala, namun masih wajar terjadi. Hal itu dipastikan akan segera diselesaikan.

"Jadi kalau orang bilang, tidak ada investasi pembangunan semua jalan, ya ada yang lambat sana sini ya biasalah, dan memang banyak masalah yang lalu yang kita tuntaskan sekarang ini," kata Luhut.

Terlepas dari kendala dalam proses pembangunan IKN, dia memastikan tidak ada isu yang serius.

Terlebih, penunjukan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala OIKN sudah sangat tepat untuk mempercepat penyelesaian pembangunan IKN.

"Overall menurut saya tidak ada isu mengenai ibu kota, apalagi sekarang pelaksana tugasnya pak menteri PUPR beliau sangat tepat, kami membantu tektok dengan tim membantu tadi pembebasan tanah yang 2.000 hektare lebih kurang bermasalah, saya kira dgn bank tanah juga kita utamakan dan overall itu akan bisa terselesaikan karena semua saya lihat kerja secara cepat," pungkasnya.