CEO Indodax Bilang Tak Semua Orang Cocok Main Trading Kripto, Siapa Saja?

ERA.id - CEO Indodax Oscar Darmawan mengingatkan tidak semua orang cocok menjadi trader, khususnya trader kripto.

“Jangan memaksakan diri, tidak semua bisa jadi trader. Justru yang banyak uang adalah investor jangka panjang, dan semua orang hampir bisa menjadi investor dibandingkan dengan trader,” kata Oscar saat penutupan “Bulan Literasi Kripto 2024” dikutip dari Antara, Kamis (6/6/2024).

Salah satu orang yang tidak cocok menjadi trader, menurut Oscar, adalah yang mudah panik saat melihat aset turun. Ia menyarankan mereka menjadi investor saja, karena hanya perlu membeli aset dan melupakannya hingga 4-5 tahun kemudian untuk melihat hasilnya.

Karena itu, Oscar menyarankan orang-orang mempertimbangkan untuk menjadi investor jangka panjang sebagai strategi yang lebih aman dan menguntungkan.

Di sisi lain, ia menyoroti fenomena bull market atau permintaan yang lebih tinggi dibanding tingkat penawaran yang memicu kenaikan harga secara terus-menerus selama periode tertentu.

“All-time high terjadi bukan sebelum atau saat halving, tapi setelah halving. Tidak langsung naik, tapi pasti naik, hanya saja setiap halving harga lebih kecil. Market BTC juga semakin likuid,” kata dia.

Menurut Oscar, pasar semakin matang dengan adanya Exchange Trade Fund (ETF) dari Bitcoin dan ETF Ethereum yang baru disetujui. Ini menunjukkan stabilitas dan kematangan pasar kripto pada saat ini. Hal ini sekaligus mencerminkan bahwa investasi kripto kini lebih aman dan terjamin bagi investor, khususnya dengan dukungan regulasi yang lebih kuat.