Apa Itu Hybrid Working? Berikan Manfaat bagi Karyawan dan Perusahaan

ERA.id - Hybrid working sudah menjadi fenomena yang lumrah dalam dunia kerja saat ini. Sistem kerja hybrid ini mulai ramai diterapkan sejak era pandemi COVID-19 melanda dunia. Apa itu hybrid working perlu dipahami oleh para pekerja, khususnya jobseeker baru atau fresh graduate. 

Sudah banyak perusahaan yang menerapkan hybrid working kepada para pegawainya. Hybrid working menjadi solusi sistem kerja di tengah kondisi keterbatasan jarak. Hybrid working memberikan banyak manfaat dan efektivitas bagi pekerja maupun perusahaannya. 

Dengan penerapan hybrid working, karyawan atau pegawai bisa bekerja dari rumah atau mana saja tanpa harus datang ke kantor. Meski hampir sama dengan kerja remote atau jarak jauh, namun hybrid working tidak sepenuhnya bebas bekerja secara work from anywhere (WFA). Lantas apa itu hybrid working dan aturan atau batasan dalam sistem kerja ini?

Apa Itu Hybrid Working?

Hybrid working adalah konsep kerja yang memungkinkan karyawan bekerja secara fleksibel dari kantor dan di luar kantor. Pekerja dengan sistem hybrid working bisa memilih tempat bekerja sesuai keinginan, seperti mau di kantor, di rumah, ataupun tempat lain yang diinginkan. 

Meski cara kerjanya terkesan bebas tempat seperti remote working, namun kedua sistem kerja ini memiliki perbedaan. Hybrid working memang memperbolehkan karyawan bekerja dengan memilih di kantor maupun dari rumah atau tempat lain. Namun biasanya perusahaan juga memberlakukan kewajiban ke kantor beberapa kali dalam satu minggu atau satu bulan. 

Dalam hybrid working misalnya, perusahaan memberi ketentuan WFH/WFA empat hari dan WFO dua hari bagi karyawannya. Jadi karyawan punya kesempatan bekerja dari rumah atau anywhere untuk emat hari. Namun sisa dua harinya mereka wajib berangkat ke kantor. 

Penerapan sistem kerja tersebut tentunya berbeda dengan konsep remote working. Dalam remote working, pekerja bisa bekerja di tempat mana saja dan tidak harus ke kantor sama  sekali. Konsep remote working ini juga mulai diterapkan oleh banyak perusahaan, sehingga karyawannya yang mereka miliki bisa berada di tempat atau daerah yang berbeda dan jarak jauh.

Ilustrasi apa itu hybrid working (Freepik)

Manfaat Hybrid Working 

Hybrid working tak hanya memberikan keuntungan kepada pekerja, namun juga memiliki manfaat bagi perusahaan atau pemberi kerja. Berikut ini beberapa manfaat dari hybrid working yang dirasakan oleh pegawai dan perusahaannya:

Fleksibilitas Kerja

Hybrid working memberikan fleksibilitas kepada karyawan untuk memilih tempat bekerja. Model kerja hybrid working memungkinkan mereka mengatur jadwal yang lebih seimbang antara kehidupan kerja dan pribadi. 

Ketika bekerja secara hybrid working, karyawan memiliki kesempatan untuk megatur pekerjaan dengan tanggung jawab pribadi, seperti mengurus keluarga atau menyelesaikan tugas rumah tangga.

Work Life Balance

Sistem hybrid working juga meningkatkan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan serta engagement karyawan. Metode kerja ini menciptakan kenyamanan bagi karyawan yang ingin fokus menyelesaikan pekerjaan sembari tetap menjaga kesehatan mental. Pekerja bisa keluar dari zona nyaman, berinteraksi kembali dengan orang lain, dan melakukan aktivitas yang disukai.

Menekan Biaya Operasional

Dengan menerapkan hybrid working, perusahaan dapat mengurangi biaya operasional yang terkait dengan ruang kantor, utilitas, dan fasilitas. Pengurangan biaya ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan, terutama bagi yang sebelumnya memerlukan kantor fisik yang besar.

Dampak ke Lingkungan Bisa Berkurang

Penerapan hybrid working juga mengurangi perjalanan harian para pekerja, sehingga dapat membantu menurunkan emisi karbon dan dampak lingkungan. Pengurangan penggunaan transportasi juga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan memperbaiki kualitas udara di kota-kota besar.

Demikianlah ulasan apa itu hybrid working yang sekarang banyak diterapkan oleh perusahaan. Sistem kerja hybrid working tidak hanya memberikan manfaat kepada pekerja, namun juga membawa kentungan bagi perusahaan. Baca juga situs pencari kerja freelance di Indonesia.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…