Cara Pj Gubernur Sulsel Zudan Ajak ASN Berdoa Agar Dilimpahi Kebaikan

ERA.id - Pemprov Sulawesi Selatan ingin memupuk kesadaran spiritual Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kerja dengan Gerakan Sulsel Berdoa.

Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, gerakan itu untuk mengajak seluruh pegawai Pemprov Sulsel melakukan berbagai bentuk kegiatan agama sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Untuk kegiatan di masjid, kata dia, misalnya  pegawai menyempatkan diri untuk mengaji, salat Dhuha, dan mendengarkan ceramah atau kultum sebelum melakukan aktivitas harian. Gerakan ini dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIT setiap Selasa, Rabu, dan Kamis.

Dia mengatakan kegiatan itu bukan hal yang baru, karena merupakan aktivitas yang sudah dilakukan sehari-hari. Hanya saja dilakukan di satu tempat yang sama, sekaligus bersilaturahmi.

"Ada salat Dhuha di ruangannya. Ada yang mengaji di ruangannya. Ada salat Dhuha dan yang mengaji di Masjid Pemprov Sulsel. Ibaratnya yang terpisah-pisah saya mengikat, menyatukan, menjadi gerakan bersama yang kita beri nama Sulsel Berdoa. Semuanya berdoa, ASN Pemprov Sulsel," ujarnya, Jumat (7/6/2024).

Di Masjid Pemprov Sulsel diadakan berbagai kegiatan seperti belajar membaca dan menulis Qur'an juga disediakan setelah salat Zuhur atau waktu istirahat jam kerja.

Gubernur Zudan melanjutkan, penting untuk saling mendoakan agar dapat hidup berbahagia dan sejahtera, sehat, berilmu, serta berlimpah rezeki.

"Maka saya minta doa bersama ini kita lakukan untuk saling mendoakan. Baik orang tua kita, putra-putri kita, teman-teman kita semua, serta seluruh masyarakat Sulawesi Selatan agar hatinya tenang," imbuhnya.

Gerakan ini bukan hanya untuk pegawai yang Muslim. Tetapi agama lainnya berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. "Semua berdoa, sesuai dengan agamanya masing-masing, melakukan ibadahnya," tutur dia.

Inisiatif ini disambut baik oleh pegawai Pemprov. Ia berharap kegiatan itu  dapat memperkuat ikatan antarpegawai, menciptakan suasana kerja yang lebih tenang dan produktif, serta memberikan kinerja terbaik bagi instansi.