Tak Menyangka Dapat Undangan Haji dari Raja Salman, Wirda Mansur Malah Dicibir Netizen

ERA.id - Wirda Mansur, anak Ustaz Yusuf Mansur dibanjiri hujatan usai mendapatkan kesempatan emas berangkat Haji lewat jalur undangan dari Raja Salman. Ia dijadwalkan akan naik haji di tahun ini. 

Perempuan berusia 24 tahun ini mendapatkan undangan naik haji, karena pemberian dari Raja Arab Saudi, Raja Salman. Sehingga, ia bisa melaksanakan haji tanpa harus mengantre. Kabar ini tentunya disambut rasa bahagia oleh keluarga lantaran Wida Mansur bisa berangkat baik haji.

Ustaz Yusuf Mansur mengungkapkan rasa bahagia dan syukur atas keberangkatan haji sang putri ditahun ini. Ia mengucap syukur lantaran anaknya bisa mendapatkan kuota haji dari Raja Arab.

"Kak Wirda ini tamunya Raja Salman dan putra mahkota MBS seperti saya tahun kemarin. Jadi nanti Kak Wirda ketemu tuh Raja Salman," ujar Ustaz Yusuf Mansur, dikutip dari akun Instagram @insertlive.

Sementara itu, Wirda Mansur membenarkan dan merasakan kebahagiaan bisa menjalani haji. Ia mengaku baru dikabari mendapatkan kuota haji sebulan yang lalu. 

"Alhamdullilah dapat kabar bahagianya itu sudah sejak ada kurang lebih satu bulan yang lalu. Baru banget Alhamdulillah berjalan seperti biasanya sih sampai lusa InsyaAllah berangkat," jelasnya. 

Namun, ia akan menjalani ibadah haji sendiri. Tanpa ditemani oleh orangtua, Ustaz Yusuf Mansur dan Siti Maemunah. Bahkan, Wirda Mandur sempat merasakan perasaan yang campur aduk.

"Bukan rasa takut yang gimana-gimana. Cuma kayak gimana ya, kalau disana bingung. Sebenarnya itu aja sih, tapi Alhamdulillah sambil nyicil-nyicil juga mempersiapkan ilmu pengetahuan sebelum berangkat Haji," imbuhnya.

"Alhamdulillah banyak support dari mama, dikuatin sama mama. Sama papa support belanjanya, jajannya aja deh," tambahnya. 

Unggahan wawancara itu mendapatkan sorotan publik. Kebanyakan netizen justru mencibir Wirda Mansur. Mereka yakin Wirda Mansur mendapatkan undangan dari Haji Furoda.

"Kok kayak ndeso banget ya. Haji Furoda aja sampai dibilang undangan raja," komentar akun @high_arr*****.

"Haji Furoda semua juga disebut haji jalur undangan raja. Biasa aja dari tahun ke tahun ada jatah undangan raja haji Furoda," tulis akun @dia_u****.

"Tinggal bilang aja Haji Furoda aja kok belibet." lanjut akun @er*****.

Dilansir dari laman hajifuroda.id, Haji Furoda merupakan sebuah ibadah haji yang diatur dan dikelola secara langsung oleh Pemerintah Arab Saudi. Berbeda dengan haji yang diatur oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, haji furoda memiliki keistimewaan tersendiri.

Salah satunya keistimewaan haji furoda adalah tidak adanya waktu tunggu yang panjang seperti pada haji konvensional yang bisa mencapai puluhan tahun. Karena itu, haji furoda sering disebut sebagai haji tanpa antre atau haji non-kuota.

Izin visa untuk haji furoda diperoleh melalui penggunaan visa mujmalah yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi melalui Kedutaan Besarnya di Republik Indonesia.

Biaya untuk menjalani haji furoda cukup tinggi, mencapai ratusan juta rupiah. Hal ini disebabkan oleh kemudahan akses tanpa perlu menunggu antrean. Sehingga, bagi calon jemaah haji, mereka dapat langsung berangkat pada tahun yang sama setelah mendaftar.