EXO CBX Gelar Konferensi Pers, Bahas SM Entertainment Tetap Tuntut Komisi Meski Sudah Keluar Agensi

ERA.id - Permasalahan antara SM Entertainment dengan tiga anggota EXO, yakni Chen, Baekhyun, dan Xiumin yang tergabung dalam sub-unit EXO CBX tampaknya belum selesai. Terbaru, melalui agensi baru INB100, EXO CBX menyatakan akan menggelar konferensi pers.

Konferensi pers ini digelar untuk membahas SM Entertainment yang masih menuntut komisi dari pekerjaan individu mereka, meskipun sudah resmi keluar dari agensi. Hal ini dinilai sangat berbeda dengan kesepakatan yang sudah diselesaikan pada Juni 2023 lalu.

Pada saat itu, Chen, Baekhyun, dan Xiumin sepakat dengan SM Entertainment bahwa mereka akan tetap bergabung dengan agensi untuk kegiatan grup EXO. Namun, untuk kegiatan individu dan sub unit mereka hengkang, dengan masuk agensi baru INB100. 

Namun, SM Entertainment disebut melanggar kesepakatan dengan tetap meminta komisi pekerjaan individu ketiganya sebanyak 10 persen. 

“Pada saat itu (Juni 2023), kedua belah pihak telah menyelesaikan situasi melalui negosiasi, percaya bahwa aktivitas normal EXO lebih penting dari apa pun. Kami mendirikan INB100 untuk menjalankan aktivitas kami sebagai individu dan CBX,” pernyataan INB100 dilansir dari Soompi, Senin (10/6/2024). 

“Namun, SM Entertainment menuntut 10 persen dari penjualan aktivitas individu artis sambil mengabaikan isi negosiasi yang menjadi premis perjanjian,” tambahnya.

Pihak Baekhyun, Chen, dan Xiumin mengaku sudah mengirimkan bukti penuntutan tersebut ke SM Entertainment. Namun, belum ada tanggapan hingga dua bulan, yang akhirnya membuat mereka memutuskan menggelar konferensi pers.

Konferensi pers tersebut akan diadakan di hotel di kawasan Seoul, Korea Selatan, hari ini Senin (10/6/2024). Konferensi pers akan dihadiri oleh Ketua Piark Group, Cha Won, CEO INB100, Kim Dong Jun, dan pengacara Lee Jae Hak.