Diancam Aksi Pemerasan, Ria Ricis Ngaku Kenal dengan Pelakunya

ERA.id - YouTuber Ria Ricis mengaku diancam akan disebar foto dan video pribadinya jika tak memberikan uang ratusan juta. Ia melaporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya  terkait kasus dugaan pemerasan dan pengancaman pada 7 Juni 2024. 

Laporan itu berawal saat Ria Ricis mengaku dihubungi orang yang tidak dikenal bernama Jeki.

Kemudian, orang tersebut mengancamnya akan menyebar foto serta video pribadinya. Jeki memeras mantan istri Teuku Ryan ini dengan meminta uang sebanyak Rp300 juta agar foto dan video pribadinya tidak disebar. 

Alih-alih meladeni Jeki, Ria Ricis memilih untuk membuat laporan ke Polda Metro Jaya. Pihak kepolisian sudah mengantongi identitas diduga pelaku dari nomor rekening yang diberikan kepada Ria Ricis. Saat ini, pihak kepolisian pun sedang mendalami kasus yang dilaporkan oleh Ria Ricis.

Dilansir dari unggahan Instagram Stories Ria Ricis, sang YouTuber mengaku data pribadinya telah diretas. Selain itu, adik Oki Setiana Dewi ini pernah memberikan ponsel kepada orang terdekatnya. 

"Kalian inget kan kemarin aku ada bahas hati-hati soal kasih hp? Ya. Ternyata imbas dari aku kasih hp lama aku ke orang, foto dan video pribadi masih bisa diakses," tulis Ria Ricis, dikutip dari unggahan akun Instagram @lambe__danu.

Ria Ricis mengaku pelaku sudah meretas data pribadi seperti foto dan video dirinya ketika tak mengenakan hijab serta berniat menyebarkan di media sosial. Ia mengenal pelaku lantaran pernah memberikan ponselnya.

"Foto selfie no hijab, video ngegym aku dengan pakaian minim itu yg mau dia sebar. Kok bisa? Iya, aku kenal orangnya. Kita punya hubungan baik dulu," katanya. 

"Bahkan dr awal aku ga pernah notice nama dia waktu polda sebut ciri-cirinya saking ak berpikir positif. Lalu ak pernah kasih hp ku ke dia. Dan ternyata jadi disalah gunakan. Untuk kalian semua orang baik, sehat-sehat kalian.," lanjutnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Sebagian netizen justru menyalahkan Ria Ricis yang memberikan ponsel kepada orang lain. Sementara, sebagian netizen penasaran dengan orang tersebut.

"Siapa sih, spill dong," tulis akun @akml****.

"Siapa yah kira-kira," komentar akun @fiska*****.

"Kalian tolonglah. Hape lama jangan dikasih ke teman atau orang lain. Gambar lama kalian bisa diambil kembali. Hape rusakpun hati-hati bila dihantar ke toko untuk diperbaiki," kata akun @adik****.

"Hidup dia kenapa nggak anteng banget sih. Cari masalah mulu, takut tenggelam namanya apa gimana." lanjut akun @evisaf*****.

Sebelumnya, Ria Ricis menjalani pemeriksaan pada Senin (10/6/2024) hari ini untuk diperiksa terkait laporannya perihal pengancaman melalui media sosial. Ia menyebut dampak pengancaman ini tak hanya ke dirinya saja. Tapi juga ke manajemen, keluarga, dan orang-orang terdekatnya.

Ria Ricis tak mau mengungkapkan siapa pelaku yang mengancamnya.Pelaku mengancam akan menyebarkan foto dan video pribadinya ke media sosial jika tidak memberikan uang Rp300 juta. Ria Ricis  hanya ingin pelaku pemerasan dan pengancaman ini dapat segera ditangkap.