Dua Kader Gerindra Jadi Komut BUMN, Dasco: Cek Saja, Bisa Dilihat Keilmuannya

ERA.id - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menanggapi soal petinggi Gerindra Simon Aloysius Mantiri yang ditunjuk jadi komisaris utara (Komut) Pertamina dan Fuad Bawazier yang menjadi Komut MIND ID. Ia mengklaim sosok yang menduduki jabatan tersebut bisa dicek latar belakang dan keilmuannya.

"Ya tentunya kita melihat bahwa komisaris di satu BUMN itu bukan cuma satu, komisaris di BUMN itu ada beberapa, direksinya juga ada beberapa, jadi kalau dibilang bagi-bagi jabatan, ya tentunya itu kan yang ada dibagi-bagi, kan gitu?" katanya di DPR, Selasa (11/6/2024).

Ia menambahkan tiap orang menempati posisi tersebut nantinya akan bersama membesarkan BUMN. Tentunya dengan kapasitas dan keilmuan yang dimiliki sosok bersangkutan.

"Dan kalau dicek latar belakangnya, cek aja itu nanti kan bisa dilihat keilmuannya," katanya.

Untuk diketahui, susunan komisaris terbaru berdasarkan RUPST Tahun Buku 2023, yakni Komisaris Utama Fuad Bawazier; Komisaris Independen Muhammad Munir dan Pamitra Wineka; serta tiga komisaris lainnya, yakni Astera Primanto Bhakti, Grace Natalie dan Nicolaus Teguh Budi Harjanto.

Lalu hasil RUPST pada Senin, maka susunan Dewan Komisaris Pertamina, yakni Komisaris Utama & Independen Simon Aloysius Mantiri; Komisaris Independen Condro Kirono; Komisaris Heru Pambudi; Komisaris Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono.

Lebih lanjut, juga terdapat tiga Komisaris Independen, yakni Alexander Lay, Ahmad Fikri Assegaf, serta Iggi H. Achsien. Simon Aloysius Mantiri ditunjuk untuk menggantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Komisaris Utama PT Pertamina.