Elite Gerindra dan TKN Prabowo-Gibran Dapat "Karpet Merah" Jabat Komisaris BUMN

ERA.id - Sejumlah elite Gerindra dan tim sukses Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dalam pilpres 2024 kini menduduki jabatan strategis di BUMN. Hal tersebut terungkap dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan.

Untuk diketahui, KPU telah menetapkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih dalam pilpres 2024. Keduanya akan dilantik pada Oktober 2024.

Terkait hal ini, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengklaim penempatan para elite Gerindra di jabatan tersebut sudah sesuai dengan kompetensinya. Ia membantah pihaknya bagi-bagi jabatan.

"Ya tentunya kita melihat bahwa komisaris di satu BUMN itu bukan cuma satu, komisaris di BUMN itu ada beberapa, direksinya juga ada beberapa, jadi kalau dibilang bagi-bagi jabatan, ya tentunya itu kan yang ada dibagi-bagi, kan gitu?" katanya di DPR, Selasa (11/6/2024).

Ia menambahkan tiap orang menempati posisi tersebut nantinya akan bersama membesarkan BUMN. Tentunya dengan kapasitas dan keilmuan yang dimiliki sosok bersangkutan.

"Dan kalau dicek latar belakangnya, cek aja itu nanti kan bisa dilihat keilmuannya," katanya.

Berikut daftar elite Gerindra dan TKN Prabowo-Gibran yang mendapatkan jabatan strategis:

1. Simon Aloysius Mantiri

Simon Aloysius Mantiri ditunjuk untuk menggantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Komisaris Utama PT Pertamina pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 Pertamina, Senin.

“Pemegang Saham telah menunjuk Bapak Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina,” ujar VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dikutip dari Antara, Rabu (12/6/2024).

2. Condro Kirono

Dalam RUPS Pertamina, Condro Kirono ditugaskan sebagai Komisaris Independen Pertamina. Condro merupakan Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran pada pilpres 2024.

Condro berlatar belakang sebagai purnawirawan Polri dengan pangkat terakhir Komisaris Jenderal. Ia menjabat sebagai timses Prabowo-Gibran bersama dengan purnawirawan lainnya seperti Komjen Pol Ari Dono Sukmanto.

3. Fuad Bawazier

BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) menunjuk Fuad Bawazier untuk menjadi komisaris utama (komut) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023.

Untuk diketahui, Fuad Bawazier merupakan mantan Menteri Keuangan RI yang juga pernah menjadi Anggota DPR RI periode 1999-2004 dan periode 2004–2009.

Fuad Bawazier juga merupakan salah satu pakar dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju yang mengusung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

4. Grace Natalie

Grace Natalie ditunjuk menjadi komisaris dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023. Grace Natalie merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Grace ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Staf Khusus Presiden.

Ia merupakan bagian dari TKN Koalisi Indonesia Maju. Ia memegang posisi sebagai salah satu wakil ketua dalam TKN Koalisi Indonesia Maju.

5. Siti Nurizka Puteri

Siti Nurizka Puteri yang masih menjabat sebagai anggota Komisi III DPR diangkat menjadi Komisaris Utama PT Pupuk Sriwidjaja Palembang. Informasi pengangkatan ini diunggah akun Instagram @puspripalembang.

Siti pernah menjabat sebagai kepala pemberdayaan wanita dan kepala hukum administrasi pada 2015-2020.