Akui Tak Ada Ganjalan Ideologi dengan Anies, Wasekjen PDIP: Merah Putihnya Tidak Diragukan

ERA.id - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDI Perjuangan Utut Adianto mengatakan, partainya masih menggodok nama-nama calon gubernur untuk diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Termasuk nama Anies Baswedan.

Dia mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan sebelum menentukan pilihan. Diantaranya yaitu elektabilitas hingga kesamaan ideologi.

"Setiap pilkada itu kan tujuannya untuk menang. Nanti ditimbang-timbang, Pak Anies itu seperti apa? Popularitas pasti. Elektabilitasnya seperti apa? (Apakah) merepotkan ideologi kami tidak? Intinya itu," kata Utut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Disinggung mengenai ideologi, dia memberi sinyal tak ada ganjalan antara PDIP dan Anies.

Wakil ketua Komisi I DPR RI itu menilai, nasionalisme Anies sudah tak perlu diragukan lagi.

"Kalau menurut saya, beliau pernah jadi gubernur, sudah jadi capres, pasti beliau punya kalau bahasa saya, beliau orang yang sangat sudah lah, merah putihnya enggak diragukan," kata Utut.

Meski begitu, dia tak bisa memastikan apakah Anies adalah sosok yang pasti diusung PDIP sebagai bakal calon gubernur Jakarta mendatang atau tidak.

Keputusan akhir mengenai siapa-siapa saja calon kepala daerah yang diusung PDIP merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kalau rekomendasi ya tentu wilayahnya ibu (Megawati). Tetapi memang faktanya itu, kalau kita mau tempur pilkada itu kan desainnya menang," ucapnya.

Sebagai informasi, nama Anies Baswedan sudang diusung oleh DPW PKS Jakarta. Namun mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu belum menerima surat mandat dari DPP PKS.

Anies juga sempat mendapatkan respons positif dari Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Puan melihat Anies sebagai sosok yang menarik untuk diusung dalam Pilkada.

Anies sendiri belum memberikan keputusan apakah ia akan kembali mengikuti kontestasi Pilkada setelah kalah di Pilpres 2024. Namun ia terbuka jika diusung oleh partai manapun untuk kembali maju.