Mantap Jadi Cagub di Pilkada Jakarta, Anies: Bismillah Siap Teruskan Periode Kedua

ERA.id - Anies Baswedan kian mantap maju sebagai bakal calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024, terlebih sudah menerima rekomendasi dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jakarta. Dia siap melanjutkan kepemimpinannya di periode mendatang.

"Jadi saya menerima kepercayaan dari PKB. Karena itu saya sampaikan bismillah, kami bersiap untuk meneruskan ke periode kedua," kata Anies di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (14/6/2024).

Dia mengaku, salah satu alasannya berniat maju di Pilkada Jakarta 2024 karena masih banyak menerima keluhan dari warga.

Diketahui, Anies pernah menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

"Hampir tiap hari datang warga ke tempat kami hampir tiap hari dari berbagai tempat dan semua datang yang datang siapa yang lemah yang kecil," kata Anies.

Kebanyakan, katanya, para warga ini mengeluhkan masalah di perkampungan kecil di Jakarta. Warga yang datang pun berasal dari kelas ekonomi bawah seperti buruh hingga guru.

"Mereka mengeluhkan banyak hal ya terutama terkait dengan kampung-kampung kecil kampung-kampung warga miskin kemudian kaum buruh kemudian para guru Kemudian datang juga aktivis-aktivis lokal yang saya tidak elok untuk menceritakan detail apa yang menjadi keluhan," kata Anies.

"Jadi itu kayak saya sebut istilahnya polling faktor-faktor yang menarik untuk kembali ke Jakarta karena itu akhirnya saya bilang setelah diskusi dengan banyak pihak kemudian ada undangan dari partai bismillah," imbuh eks mendikbud itu.

Diberitan sebelumnya, Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta resmi mencalonkan Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) di Pilkada DKI Jakarta pada November 2024.

"Saya mendengar aspirasi dari tingkat ranting, DPC sampai DPW dan hasil verifikasi dari desk Pilkada DKI, maka PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal untuk Bacagub periode 2024-2029," kata Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas saat jumpa pers di DPW PKB DKI, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (12/6).

Menurut dia, seluruh proses-proses pencalonan Pilkada untuk tahun 2024-2029 itu dilakukan.

"Puncaknya tanggal 8-9 Juni itu kita mengadakan raker desk pilkada DKI Jakarta di Puncak, Bogor untuk menentukan calon," kata Hasbi.