Wacana Duet Anies-Kaesang di Pilkada Jakarta, Sandiaga: Pasangan yang Representasikan Pemikiran Muda Pasti Unggul

ERA.id - Politisi Partai Pembangunan Persatuan (PPP), Sandiaga Uno merespons soal wacana Anies Rasyid Baswedan berpasangan dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dalam Pilkada Jakarta 2024. Menurut dia, pasangan calon yang bisa merepresentasikan pemikiran kaum muda bakal memiliki keunggulan tersendiri.

Hal ini disampaikan Sandiaga usai menghadiri pemutaran film berjudul Lafran di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (16/6/2024).

"Ya 50 persen pemilih kita lebih adalah pemilih muda. Jadi memang nanti pasangan yang bisa merepresentasikan pada pemilih muda, pemikiran-pemikiran muda pasti akan mendapatkan suatu keunggulan tersendiri," kata Sandiaga.

Meski demikian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) ini menjelaskan, keputusan memasangkan Anies dengan Kaesang berada di tangan masing-masing partai. Namun, ia meyakini, sosok yang mampu merepresentasikan kaum muda bakal dipertimbangkan untuk maju dalam kontestasi tersebut.

"Jadi nanti para pimpinan parpol akan meramu pasangannya. Saya yakin representasi kaum muda ini akan menjadi salah satu pertimbangan," jelas Sandiaga.

Sebelumnya, nama Kaesang diisukan bakal maju dalam Pilgub Jakarta. Bahkan, DPW PKB juga sudah membuka peluang menduetkan Anies dengan Kaesang. Keduanya dinilai cocok jika berpasangan menjadi calon pemimpin Jakarta mendatang.

Adapun DPW PKB DKI Jakarta resmi mencalonkan Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) di Pilkada DKI Jakarta pada November 2024.

"Kita terbuka termasuk dengan Mas Kaesang yang kemarin di media bahwa Mas Kaesang mau menjadi wakil Pak Anies," kata Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas di Kantor DPW PKB Jakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 12, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (12/6).

Hasbiallah mengeklaim komunikasi DPW PKB Jakarta dengan jajaran PSI sudah dilakukan. Ia yakin langkah ini jadi pembuka dalam menatap Pilgub Jakarta bersama-sama.